-->

Ga Punya Uang? 5 Tips Cara Tetap Bisa Kuliah....


Ujian telah usai. Keinginan untuk bisa kuliah begitu menggebu-gebu. Tapi ternyata terkendala biaya. Tidak punya uang. Masih punya adik yang harus dibiayai orangtua. Hari gini masih bingung soal biaya? Tak perlu bingung dan ragu. Jangan buru-buru putus asa. Berikut ini ada 5 Tips Cara Tetap Bisa Kuliah yang bisa kamu coba.



1.  Manfaatkan Peluang Beasiswa

Banyak kisah dan cerita-cerita yang bisa diambil dari orang-orang miskin yang berhasil menyelesaikan kuliah. Salah satunya adalah rajin mencari beasiswa. Kalau Anda termasuk orang yang punya banyak prestasi akan lebih mudah mendapatkan beasiswa. Saat ini, berbagai kementerian, instansi dan lembaga-lembaga lain banyak yang menawarkan program-progam beasiswa baik kuliah S1, S2 maupun S3.

Untuk itu, Anda harus rajin-rajin mencari informasi atau bertanya-tanya kepada teman-teman atau senior-senior yang pernah memperoleh beasiswa. Ada beberapa perguruan tinggi yang memberikan beasiswa sejak Anda masuk.

Kuncinya adalah Anda punya tekad kuat, ulet, telaten dan tidak malas untuk mencari dan memanfaatkan peluang.

2.  Carilah Student Loans

Student Loans yaitu pinjaman yang diberikan kepada pelajar atau mahasiswa yang ingin melanjutkan studinya. Pengembalian pinjaman itu biasanya dilakukan setelah masa studi selesai atau sesuai kesepakatan kedua belah pihak. Saat ini, ada sejumlah lembaga keuangan yang siap memberikan student loans untuk membantu Anda yang belum punya biaya. Satu hal yang perlu diperhatikan Anda harus berhati-hati jika akan menggunakan kesempatan ini. Jangan sampai terlilit rentenir atau terjerumus kepada praktik riba.

3.  Dukungan Orang-orang Sekitar

Anda tidak sendirian hidup di dunia ini. Selain orangtua, ada saudara atau teman-teman lain yang bisa ikut mendukung  keinginan Anda. Bila memang membutuhkan dukungan dari kakek, nenek, saudara atau teman bisa disampaikan kepada mereka. Di sini, perlu kemampuan Anda untuk meyakinkan mereka. Selain itu, harus ada komitmen apa yang akan Anda lakukan jika ada dukungan dari orang-orang tersebut.

4.  Kerja Part Time

Lagi-lagi kuncinya adalah tekad kuat dan jangan malas. Untuk membiayai kuliah, Anda bisa kerja part time atau paruh waktu. Ada sejumlah pekerjaan yang dapat Anda jalani sembari tetap bisa kuliah. Menjadi operator warnet, penjaga toko, pramusaji dan beberapa pekerjaan lain bisa Anda coba.

Yang penting, Anda jangan terlalu keasyikan bekerja karena kuliah bisa terbengkalai. Pandai-pandailah mengatur waktu.

5.  Wirausaha

Kuliah sambil berwirausaha??? Insya Allah bisa. Ada banyak pilihan dagang online atau usaha-usaha lainnya seperti membuka tambal ban, membuka jasa laundry, membuat aneka kerajinan dan sebagainya. Anda bisa bekerjasama dengan teman-teman atau pihak-pihak yang sudah eksis. Bergabung dengan komunitas-komunitas pengusaha juga dapat menjadi jalan Anda untuk memulai berusaha.

Nah...itulah 5 tips yang bisa Anda coba untuk tetap mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.  Jangan lupa tetap memperbanyak doa agar diberikan kemudahan-kemudahan.

Selamat Mencoba. Semoga Sukses menyertai Anda. [Nad]


LihatTutupKomentar