-->

Pelatihan pembuatan Pakan Ternak di Sendangrejo

Minggir, 22-23 April 2015 Di Kelompok Ternak Karya Muda, Nglengking, Sendangrejo, Minggir telah dilaksanakan pelatihan pembuatan pakan ternak. Pelatihan diikuti 20 peternak perwakilan dari kelompok ternak yang ada di Desa Sendangrejo. 

Pelatihan pembuatan Pakan Ternak di Sendangrejo


Diharapkan dengan Pelatihan ini mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peternak dalam mengelola pakan ternak. Hal tersebut senada dengan pendapat Camat Minggir, Arif Marwoto, SH yang sangat mendukung kegiatan ini karena dengan pelatihan pembuatan pakan ternak akan meningkatkan produktivitas ternak di kecamatan Minggir. 

Lebih lanjut beliau menjelaskan bahwa kecamatan minggir pada umumnya dan Desa Sendangrejo pada khususnya memiliki luas lahan pertanian yang memadai untuk menopang ketersediaan hijauan pakan ternak. Hal inilah yang mendorong pemerintah Desa Sendangrejo mengusulkan kegiatan ini lewat kegiatan PIK Kecamatan Minggir.

Baca Juga : Cari Menu Buka Puasa di Sekitar Minggir

Di sesi materi lainnya dari Bidang Peternakan, Sri Yunarawati, S. Pt mengajak pada peternak untuk mengulang kembali tentang pakan ternak terutama hijauan makan ternak yang terbagi dalam : rumput, kacang-kacangan, ramban dan limbah pertanian. Dalam pemberian ke ternak hendaknya dikombinasikan agar protein yang diperoleh tetap mencukupi sesuai kebutuhan hidup ternak. 

Dalam kesempatan tersebut juga dibahas tentang pakan fermentasi dan cara pembuatannya. Fungsi pakan fermentasi adalah untuk menjaga ketersediaan pakan ternak dimusim kemarau dimana sulit mendapatkan hijauan di samping memiliki kelebihan antara lain : Memperbaiki sistem pencernaan pada ternak, menambah pertambahan bobot badan , meningkatkan nafsu makan , dan meningkatkan kadar protein. (sumber : http://pertanian.slemankab.go.id/)



LihatTutupKomentar