-->

5 Tanda Whatsapp Anda Sedang Disadap Orang Lain

Aplikasi Whatsapp dalam beberapa tahun terakhir menjadi aplikasi paling favorit yang digunakan manusia di seluruh dunia. Selain mudah dioperasikan, whatsapp juga memiliki fitur untuk bertukar dokumen secara lengkap dan praktis.

Awas Whatsapp disadap


Sebetulnya terdapat aplikasi serupa yang lebih dulu menawarkan berbagai fasilitas lengkap yakni Telegram, hanya saja aplikasi ini tidak begitu masif dalam promosi bahkan cenderung eksklusif. Sebelum WA memungkinkan bertukar dokumen dalam bentuk PDF, telegram sudah mampu mengakomodir.

Kini, setelah diakuisisi oleh Facebook, penetrasi pasar Whatsapp seolah tidak terbendung. Fasilitas chat dan teleponnya telah menggeser kebutuhan orang akan Send Message Service (SMS) dan telepon dengan pulsa.

Menggunakan WA juga lebih hemat, dibanding SMS atau telepon dengan pulsa biasa, karena penggunaan WA hanya membutuhkan paket data internet atau wifi.

Di balik berbagai fasilitas dan kemudahan yang ditawarkan Whatsapp, ternyata menyimpan beberapa hal yang harus diwaspadai, di antaranya berupa penyadapan dan pengambilan data ilegal dari orang yang tidak bertanggungjawab.

Berikut beberapa tanda whatsapp sedang disadap orang

Chat WA Terbaca Otomatis

Jika Anda mengaktifkan fasilitas centang biru dua, sebagai tanda pesan whatsapp telah dibaca maka akan dengan mudah mengenali mana pesan yang telah dibaca dan mana yang belum.
Apabila Anda tidak merasa membaca pesan, namun telah terlihat centang biru dua, maka patut diselidiki siapa yang membaca pesan tersebut. Sebab ini merupakan tanda jika ada orang lain yang bisa membaca pesan Anda.

Akun WA Web Aktif di Perangkat Lain

Whatsapp telah memungkinkan digunakan dengan perangkat laptop atau PC. Uniknya antara whatsapp Handphone dengan WA Web bisa digunakan secara bersamaan tanpa harus logout salah satunya.


Orang lain bisa saja meminjam HP kita kemudian mengaktifkan WA Web di laptop mereka, dan mereka dapat membukanya tanpa haru sinkronisasi ulang. Sehingga bisa melihat aktivitas percakapan WA kita.
Untuk mengatasinya silakan cek WA Web yang aktif
  • Klik tanda titik tiga di kanan atas
  • Klik Setting/Pengaturan
  • Klik WA Web
  • Lihat apakah ada perangkat lain yang sedang aktif
Jika terdapat perangkat lain yang aktif dan Anda merasa tidak menggunakan, pilih opsi keluar dari semua perangkat.

Selengkapnya bisa dilihat di sini: 

WA Sering Logout Sendiri

Jika tiba-tiba WA sering logout sendiri, maka harus lebih waspada karena ini bisa menjadi tanda WA sedang dibajak. Sebagian orang terkadang menganggap ini karena masalah pada perangkat HP, padahal bisa jadi karena ada orang lain yang juga menggunakan WA dengan nomor yang sama.

Konsumsi Daya Baterai dan Data Tinggi

Jika tiba-tiba daya dan paket data di HP berkurang secara tidak wajar, maka bisa diperiksa apakah ada masalah dengan WA. Ini menjadi di antara tanda WA sedang digunakan orang lain.

Terdengar Suara Berisik Saat Menggunakan Telepon WA

Umumnya pesan suara ketika menggunakan telepon WA cukup jernih. Jika terjadi masalah jaringan biasanya gangguannya berupa suara terputus-putus. Nah jika saat menggunakan telepon WA dan terdengar suara berisik yang tidak kita kenal, ada kemungkinan itu tanda WA kita sedang disadap orang.

Bagaimana mengatasi Whatsapp yang disadap


Di antara caranya dengan melakukan verifikasi. 
  • Klik titik tiga
  • Setting/Pengaturan
  • Account/Akun
  • Two step verification/verifikasi dua langkah
  • Anda akan diminta memasukkan PIN, ingat-ingat PIN Anda ini

Selain itu jika menggunakan WA Web, biasakan untuk selalu logout setelah menggunakan.


Dengan secara rutin melakukan pengecekan, bisa meminimalkan terjadinya penyadapan WA kita. [KM/04]

LihatTutupKomentar