Back To Top
Kulon Progo - Pendidikan dan Latihan (Diklat) Dewan Ambalan merupakan salah satu upaya untuk memberikan pemahaman tentang tugas, pokok, dan fungsi dewan ambalan pramuka. Diklat juga bertujuan menguatkan karakter kepemimpinan bagi seluruh peserta. Demikian dikatakan oleh Ketua paninita, Wahyuni Karyaningrum, S.Pd dalam sambutannya pada acara Diklat Dewan Ambalan MAN 3 Kulon Progo pada Sabtu (14/3) di Kampus MAN 3 Kulon Progo atau dulu dikenal dengan MAN Kalibawang.





Acara yang berlangsung pagi hingga sore hari ini, diikuti oleh 25 peserta, dengan biaya dari anggaran DIPA. Adapun materi Diklat meliputi  kepemimpinan, fungsi dan tugas Dewan Ambalan (DA) oleh Kartir Cabang Kulon Progo, Peraturan Baris Berbaris oleh TNI Koramil Nanggulan, motifasi berorganisasi oleh Budi Santosa, S.Pd., dan  Sejarah Pramuka oleh Ambar Mujiarti, S.Si. Acara dibuka oleh Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Kamabigus)  MAN 3 Kulon Progo, Moh. Fadlil Afif, Lc.

Dalam sambutannya Kak Fadlil Afif mengatakan “Saya sangat bangga kepada pramuka dan DA. Selama ini pramuka dan DA sudah terbukti mampu membentuk dan menguatkan karakter, serta kepribadian mulia. Karakter dan kepribadian tersebut akan berguna di masyarakat, lingkungan kerja pada bidang pekerjaan apapun, saat ini dan masa mendatang. 

Selain mampu membentuk dan menguatkan karakter, nilai-nilai yang diajarkan dalam pramuka, sesuai dengan nilai-nilai dan ajaran Rasulullah Muhammad, SAW. Itu artinya ketika kita mengikuti kegiatan pramuka berarti telah mengikuti ajaran Rasulullah. Saya sangat bangga atas semangatAnchor kalian dalam mengikuti Diklat ini”.

Selanjutnya Kak Fadlil berharap bahwa Diklat DA akan melahirkan pemimpin dan insan yang berakhlak mulia dan mampu mengemban amanah kepemimpinan di madrasah maupun di masyarakat. (nur) 

Sumber: diy.kemenag.go.id

0 komentar:

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca