Back To Top

Yogyakarta memiliki beragama destinasi wisata yang cocok untuk tempat liburan bersama keluarga. Daerah yang dikenal sebagai kota pelajar dan pendidikan ini menyediakan banyak lokasi yang tidak hanya sebagai tempat rekreasi semata melainkan juga bisa sebagai sarana edukasi belajar bagi putra-putri Anda.

Sumber: IG @agrowisatabhumimerapi

Berikut lima tempat wisata di Yogyakarta yang cocok untuk liburan keluarga. Tempat wisata yang kami ulas kali ini beragam dari wisata alam, hingga wisata buatan.

Wisata Kebun Binatang Gembira Loka

Dulu, kebun binatang Gembira Loka merupakan tujuan utama para wisatawan ketika ke Yogyakarta. Seiring hadirnya berbagai tujuan wisata baru, Gembira Loka sempat kehilangan pamor. Apalagi pengelolaan tidak maksimal.

Sumber: www.gembiralokazoo.com

Beruntung dengan langkah yang tepat, pengelolaan kebun binatan ini kini lebih professional dan menunjukkan perbaikan. Rebranding pun dilakukan dengan mengusung nama baru Gembira Loka Zoo.

Selain penataan lokasi wisata, koleksi satwa di Gembira Loka Zoo juga ditambah. Termasuk pembangunan lokasi khusus reptil, burung dan sebagainya. Para wisatawan kini bisa menikmati koleksi satwa yang lebih bervariasi. Cocok bagi anak-anak untuk mengenal aneka hewan yang ada di Indonesia maupun di dunia dari dekat.

Atraksi dan Rekreasi di Gembira Loka Zoo

Tidak hanya menampilkan aneka satwa. Di Gembira Loka Zoo pengunjung juga bisa melihat aneka atraksi yang disajikan. Termasuk feeding time atau memberi making satwa seperti simpanse, harimau, penguin, ular, burung dan arapaima yang terbuka setiap Sabtu dan Ahad serta hari libur nasional. Rata-rata dimulai setelah jam 11.20 WIB.

Wisata untuk Anak, Rekreasi Air

Wisata untuk anak di Yogyakarta, Gembira Loka Zoo juga menyediakan rekreasi air berupa perahu Katamaran yang berkapasitas 40 orang, speed boot, bumper boat, dan perahu kayuh. Untuk wahana di danau buatan, Mayang Tirta ini, yang cocok bagi keluarga adalah perahu katamaran dengan tiket Rp 10.000 per orang. Atau dengan potongan harga jika membeli di loket utama, atau paket dengan transportasi keliling.

Sumber: www.gembiralokazoo.com


Tips Berwisata di Gembira Loka      

Pertama, Lokasinya cukup luas, dengan kontur tanah yang beragam, naik-turun tangga. Untuk itu jika membawa anak kecil atau balita, bisa menyiapkan kereta dorong. Karena trasnportasi keliling tidak menjangkau pintu keluar.

Kedua, siapkan air minum karena lokasi untuk membeli ari minum terbatas hanya di beberapa tempat.

Sumber: www.gembiralokazoo.com

Ketiga, bagi yang membawa kendaraan dari luar kota. Ada baiknya memarkir kendaraan di dalam lokasi resmi. Terkadang di luar sudah dicegat dengan alasan parkir dalam penuh, padahal masih kosong. Parkir di luar tarifnya bisa lebih mahal, jadi tidak ada salahnya Anda masuk langsung dan mengecek lokasi parkir, jika penuh bisa memindah kendaraan ke luar.

Keempat, memanfaatkan free wifi. Jika Anda terkendalan jaringan seluler. Maka bisa memanfaatkan free wifi. User dan password bisa ditanyakan di Pos Keamanan atau Loket Wahana dengan menunjukkan sobekan tiket masuk.

Harga Tiket:

Untuk perorangan harga tiket untuk hari Sening-Jumat Rp 30.000
Sedang untuk Sabtu-Ahad dan Hari Libur Nasional Rp 35.000

Lokasi Gembira Loka Zoo

Masuk kawasan Kota Gedhe tetapi paling utara. Gembira Loka Zoo mudah dijangkau dari Keraton Yogyakarta ke arah timur (arah Bandara Adi Sucipto) sekitar 2 km. Tepatnya di Gedongkuning Yogyakarta.

Baca Juga : Kesegaran Air Terjun di Bendungan Watu Purbo Sleman

Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta merupakan lokasi yang cocok untuk liburan bersama anak-anak. Lokasinya sangat terjangkau karena di pusat kota. Hanya beberapa puluh meter dari Malioboro, tepatnya di timur Istana Negara, atau Benteng Vredeburg.

Beragam wahan terdapat di sini termasuk wahana-wahana untuk edukasi bagi anak-anak dan para pelajar. Planetarium, Wahana Bahari, Teater Sains, Perpustakaan Taman Pintar, 
Play Ground dan sebagainya.

Uniknya Taman Pintar menyediakan wahana bermain yang dibuka gratis alias tanpa harus membayar tiket masuk. Yakni di area Play Ground di depan Taman Pintar. Beragam permainan ada di sini dan siap membuat anak-anak betah bermain.

Harga Tiket Masuk Taman Pintar

Harga tiket berbeda untuk setiap wahana. Misal untuk masuk ke Gedung Oval dan Kotak (Zona Sains dan Teknologi). Harga tiket untuk anak Rp 12.000 sedangkan untuk dewasa Rp 20.000.

Untuk Planetarium harga tiket anak dan dewasa Rp 22.000
Untuk wahana Bahari, tiket anak dan dewasa Rp 6.000

Tiket berbeda juga diterapkan untuk program kreatifitas semisal membatik, sablon kaos dan sebagainya.

Baca Juga : Menikmati Pasir Putih di Pantai Slili Gunungkidul

Desa Wisata Kerajinan Gerabah Kasongan

Lokasinya berada di Kasihan Bantul. Jika dari Malioboro ke barat kemudian ke selatan. Selatan Pabrik Gula Madukismo. Desa wisata Kasongan menyuguhkan aneka kreasi seni yang dihasilkan oleh penduduk lokal. Hasil utamanya berupa kerajinan gerabah, mulai dari pot, peralatan dapur hingga barang-barang bernilai seni untuk hiasan rumah.

Pengunjung bebas jika sekedar berkeliling melihat aneka koleksi yang ada. Jika ingin mengambil paket pembuatan gerabah tariff yang dikenakan sekitar Rp50.000 dengan barang hasil kreasi boleh dibawa pulang.

Meskipun begitu, kerajinan lain juga dihasilkan di Desa Wisata Kasongan antara lain kerajinan berbahan baku rotan, kayu maupun bebatuan. Sehingga wisatawan bisa membeli juga aneka tas.

Wisata Edukasi Bhumi Merapi

Ini merupakan lokasi wisata yang memadukan wisata alam dengan wisata edukasi. Karena para pengunjung akan diajak untuk mengenal alam sekaligus mengenal berbagai satwa yang ada.

Sumber : IG @agrowisatabhumimerap

Bhumi Merapi terletak  di lereng Gunung Merapi, tepatnya di Sawangan Hargobinangun Pakem Sleman. Jalan Kaliurang Km 20. Berhawa sejuk, Bhumi Merapi cocok juga untuk arena outbond.

Baca Juga : Mengintip Panorama Pegunungan Menoreh dari Kalibiru

Pengunjung akan diajak untuk melihat aneka satwa seperti Kambing, Kelinci, Ular, dan sebagainya. Anak-anak bisa memberi makan aneka satwa yang ada, atau memerah susu Kambing.

Jika berombongan, terdapat pula paket bermain di sungai untuk mencari ikan. Lokasinya agak terpisah namun tidak terlalu jauh. Anak-anak juga akan diajari untuk menanam aneka tanaman seperti cabe. Bisa pula membawa pulang bibitnya.

Wisata Keluarga di Jogja Bay dan SKE Park

Jogja Bay dan Sindu Kusuma Edupark (SKE) merupakan dua lokasi wisata yang menawarkan beragam wahana permainan. Jogja Bay berlokasi di utara Stadion Maguwoharjo yang terkenal itu. Hanya beberapa menit dari Bandara Adi Sucipto. Sedangkan SKE berada di Sinduadi Mlati Sleman, arah Jalan Magelang.

Sumber: www.kusuma-edupark.com

Kedua tempat wisata ini menyediakan beragam wahana untuk bermain bagi keluarga dan anak-anak dalam satu komplek yang luas. Sehingga dengan mengunjungi destinasi wisata ini, bisa menghabiskan waktu satu hari.

Tiket Masuk SKE :

Paket komplit anak Rp 120.000 dan Rp 150.000 untuk dewasa, bisa menikmati aneka permainan dan pertunjukkan


Jika hanya ingin menikmati Waterpark, tiket seharga Rp 25.000
Untuk tiket tanda masuk Rp 50.000 dan per wahana rata-rata Rp 10.000

Tiket Masuk Hogja Bay :

Harga Tiket Reguler : Rp 80.000

[dirangkum Tim Kabare Minggir]

0 komentar:

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca