Back To Top
Kabare Minggir - Bagi Kang Mas - Mbak Yu yang suka berlibur di akhir pekan Kalibiru bisa menjadi destinasi wisata yang bisa dipilih. Kalibiru sebetulnya merupakan nama hutan yang terletak di Jatimulyo Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulon Progo. Obyek wisata ini dikelola atas inisiatif masyarakat yang ingin mengoptimalkan keberadaan hutan yang ada di wilayah mereka.

Spotfoto di Kalibiru
(sumber IG@kalibiruwisata)

Letak Kalibiru yang berada di daerah pegunungan (sekitar 450 meter di atas pemukaan laut), didukung keberadaan Waduk Sermo sebagai background, menjadikan Kalibiru memiliki lanscape menawan. Jika ditempuh dari Kota Yogyakarta, jarak menuju Kalibiru sekitar 40 Km ke arah barat.

Rute ke Kalibiru

Rute yang paling banyak dipilih wisatawan biasanya melalui Waduk Sermo, meskipun sebenarnya harus melewati tanjakan yang cukup menantang. Rute yang bisa Anda tempuh yakni dari Alun-alun Wates - RSUD Wates - ikuti jalan utama menuju Waduk Sermo kemudian Kalibiru.

Obyek Wisata Kalibiru
(foto IG @fajarmaulana93)

Rute yang lain, perempatan Pengasih - pilih jalur ke utara ke arah Clereng ikuti jalur utama akan ada penunjuk jalan yang membantu menemukan Kalibiru. Rute ini relatif lebih cepat dan.

Moda transportasi umum yang bisa dipilih antara lain: Kereta Api dengan mengambil jurusan stasiun wates, kemudian dilanjut dengan ojek atau taksi online.

Baca Juga : Menikmati Sunset di Candi Ratu Boko

Bus Damri, jurusan Bandara YIA atau Bus Jurusan Purworejo, turun di Terminal Wates kemudian di sambung dengan ojek atau taksi online. Atau Anda juga bisa menyewa sepeda motor harian yang banyak tersedia di Yogyakarta.

Waktu Terbaik Berkunjung

Karena obyek wisata utama berupa hutan di daerah pegunungan yang sebelumnya tandus. Maka waktu yang paling bagus adalah pada musim penghujan, atau setelah musim penghujan. Karena pada saat itu tumbuhan kelihatan menghijau. Bagi Anda yang suka fotografi, suasana sore hari akan menambah eksotisme bidikan kamera. Menyaksikan matahari terbenam dari atas Pegunungan Menoreh.

Untuk mencapai lokasi, pengelola sudah menyiapkan lahan parkir yang luas khususnya untuk sepeda motor. Untuk mobil, lahannya masih terbatas. Selain itu terdapat sejumlah fasilitas yang sudah disediakan seperti pilihan paket flying fox, high roper, jalur treking dan sebagainya.

Silakan berkunjung ke Kalibiru!


0 komentar:

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca