Back To Top
Deretan pantai di selatan Gunungkidul seperti tidak pernah habis untuk dinikmati. Dulu kita hanya mengenal Pantai Baron, Krakal dan Kukup. Tiga pantai yang teramat popular. Kini dengan pemebangunan akses transportasi yang kian maju, ditunjang pesatnya media sosial, pantai-pantai ‘baru’ terus bermunculan dengan mengandalkan keunggulan masing-masing.

Hamparan Pasir Putih di Pantai Slili

Di antara pantai yang kin dikenal dan mulai dieksplorasi setiap jengkal keindahannya adalah Pantai Slili. Pantai ini tergolong mungil, karena diapit dua Pantai yang lebih dulu terkenal yakni Pantai Krakal di sebelah barat dan Pantai Sadrasan di sebelah timur. Kedua pantai yang mengapitnya berjarak dekat dan bisa diakses dengan jalan kaki. Sehingga pengunjung bisa menikmati tiga pantai sekaligus dalam sekali kunjungan.

Pantai Sadranan Terlihat dari Bukit di Pantai Slili

Pantai Pasir Putih

Memiliki panjang pantai hanya beberapa ratus meter, Pantai Slili menawarkan keindahan pasir putih dengan debur ombak yang landai. Terdapat bukit yang mengapitnya sehingga di satu bagian, ombak nyaris tak mampu menyentuh bibir pantai. Terlihat air jernih di antara bebatuan, dengan tumbuhan laut yang subur.


Meski hanya terbilang mungil, Pantai Slili memiliki fasilitas yang lumayan lengkap. Termasuk gazebo, penginapan dan joglo yang bisa digunakan untuk bermacam acara semisal meeting, gathering bahkan pernikahan. Selain itu, ragam kuliner yang ditawarkan pun bervariasi sehingga wisatawan tidak perlu risau untuk urusan makan.

Gazebo yang disewakan di Pantai Slili

Menikmati Keindahan dalam Sepi

Jika dibanding dengan Pantai Krakal dan Pantai Sadrasan, Pantai Slili terbilang belum begitu ramai. Bahkan cenderung sepi. Sehingga cocok bagi wisatawan yang benar-benar ingin merasakan keindahan alam. Wisatawan juga bisa naik ke atas bukit, untuk menyaksikan keramaian Pantai Sadradan.


Fasilitas lain yang ditawarkan adalah jasa snorkeling. Sehingga pengunjung bisa melihat keindahan panorama bawah laut Pantai Slili. Wisatawan juga bisa merasakan semilir angin pantai dari gazebo yang tersedia di tepian Pantai. Dengan pephonan yang ada, Pantai ini relatif memiliki tempat untuk berteduh.

Lokasi Pantai Slili

Pantai Slili berlokasi di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul. Untuk mencapai Pantai Slili, jalur yang harus dilalui terbilang bagus dan nyaman dengan kendaraan bermotor.

Jika dari Kota Yogyakarta ambil jalur menuju Wonosari. Ikuti petunjuk kea rah Pantai Pantai Baron sampai menemukan loket pembayaran masuk ke Pantai Baron. Kemudian ambil arah ke kiri menuju arah Pantai Kukup.

Searah dengan perjalanan menuju Pantai Sepanjang, Pantai Ngandong, Pantai Drini, dan Pantai Krakal. Dari pertigaan Pantai Krakal ambil arah ke kanan atau mengikuti petunjuk menuju Pantai Slili. Letak Pantai Slili bersebelahan dengan Pantai Krakal di bagian barat dan Pantai Sadranan di sebelah timur. [KM/04 | visitingjogja.com]

0 komentar:

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca