-->

Kecamatan Minggir Terima Seperangkat Gamelan dari Pemda

Pemerintah Kabupaten Sleman melalui Dinas Kebudayaan serahkan bantuan seperangkat gamelan perunggu pelog slendro pada Kecamatan Minggir. Penyerahan gamelan secara simbolis dilakukan dengan penyerahan alat musik tradisional rebab oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo pada Camat Minggir, Ikhsan Waluyo di halaman Kantor Kecamatan Minggir, Kamis malam (29/8/19).

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Sleman, HY Aji Wulantara menjelaskan bahwa Minggir menjadi kecamatan ke 14 dari 17 kecamatan di Kabupaten Sleman yang menerima bantuan seperangkat gamelan dari Pemkab Sleman. Menurutnya penyerahan bantuan gamelan ini sebagai upaya mendukung kecamatan sebagai pusat kemajuan kebudayaan.
”Bantuan ini juga dalam rangka untuk mewujudkan Sleman smart regency, utamanya dalam membangun smart societymasyarakat yang cerdas dalam mengelola kebudayaan,” tutur Aji.
Aji berharap fasilitas gamelan yang diberikan tersebut dapat membuat dinamika kegiatan seni dan budaya  masyarakat Minggir semakin berkembang. Selain itu kecintaan masyarakat dalam seni budaya daerah dapat semakin meningkat.
Sementara itu Bupati Sleman, Sri Purnomo dalam acara tersebut mengatakan bahwa penyerahan bantuan gamelan ini adalah upaya untuk membentuk membentuk masyarakat Sleman yang berbudaya.
“Pemberian fasilitas gamelan diharapakan bisa memberikan semangat dan menumbuhkan dinamika positif terhadap pengembangan dan pelestarian budaya di wilayah Kecamatan Minggir,” kata Sri Purnomo.
Ia juga mengatakan bahwa Kecamatan Minggir adalah wilayah yang strategis karena menjadi pintu masuk wilayah Sleman seiring dengan difungsikannya Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA). “Oleh karena itu saya berharap agar Kecamatan Minggir dapat melakukan  percepatan pelestarian dan pemanfaatan budaya,” tambahnya.
Camat Minggir, Ikhsan Waluyo dalam kesempatan tersebut mewakil masyarakat Kecamatan Minggir bersyukur atas bantuan yang diberikan oleh Pemkab Sleman. Menurutnya kedepan fasilitas gamelan yang diberikan akan dijadwalkan rutin untuk latihan kesenian.
“Kami berterimakasih atas bantuan gamelan ini. Akan kami manfaatkan untuk pengembangan kesenian daerah di Kecamatan Minggir,” jelas Ikhsan.

Sumber: slemankab.go.id
LihatTutupKomentar