-->

Ternyata 4 Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Penderita Asam Urat!

Asam urat adalah kondisi medis yang terjadi ketika terjadi penumpukan kristal asam urat dalam tubuh, khususnya di persendian, menyebabkan peradangan dan rasa nyeri. Makanan yang mengandung purin tinggi dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh dan memperburuk kondisi penderita asam urat. Oleh karena itu, penderita asam urat perlu membatasi atau menghindari makanan yang tinggi purin. 


Sayuran (sumber : pixabay.com)

Purin sendiri merujuk pada sekelompok senyawa kimia yang ditemukan dalam beberapa makanan dan minuman tertentu. Ketika makanan yang mengandung purin dikonsumsi, tubuh akan memecah purin menjadi asam urat. Kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh tentunya dapat menyebabkan masalah kesehatan. Melansir dari akun Youtube @HidupSehattvOne, berikut adalah empat jenis makanan yang perlu dihindari:


1. Asparagus, sayuran yang berasal dari tumbuhan genus Asparagus, umumnya dikonsumsi dengan ditumis juga dapat diolah sebagai campuran sup. Bagi penderita asam urat, sebaiknya berhati-hati karena dalam 100 gram Asparagus mengandung 23 gram purin. 


2. Kembang kol, sayuran yang sering diolah menjadi capcay atau sup, juga harus dihindari oleh penderita asam urat karena mengandung 51 gram purin dalam 100 gramnya. 


3. Bayam, sayuran yang terkenal memberikan kekuatan pada tokoh kartun Popeye, ternyata juga mengandung purin yang tinggi. Bayam merupakan salah satu sayuran favorit di Indonesia, namun orang dengan asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsinya secara berlebihan karena dalam 100 gram Bayam mengandung 57 gram purin. 


4. Jamur, selain enak saat diolah menjadi tumis atau digoreng dengan tepung, hati-hati bagi penderita asam urat. Dalam 100 gram jamur mengandung 20-80 gram purin loh.

LihatTutupKomentar