-->

Cara Membersihkan Dinding Kamar Mandi dengan Benar

Cara untuk membersihkan dinding kamar mandi bisa dilakukan untuk menjaga agar kamar mandi tetap terlihat bersih dan rapi sehingga nyaman digunakan. Kamar mandi menjadi bagian rumah yang seringkali diabaikan padahal memiliki manfaat yang sangat besar. Bisa dikatakan kamar mandi menjadi satu-satunya ruangan yang setiap hari digunakan.


membersihkan dinding kamar mandi
Membersihkan kamar mandi (pixabay.com)
 

Untuk menjaga agar dinding kamar mandi tidak lekas kotor apalagi berlumut, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut, sehingga Anda dapat membersihkan dinding kamar dengan lebih mudah. Memiliki kamar mandi yang bersih merupakan dambaan banyak orang.


Membersihkan dinding kamar mandi, terutama yang terbuat dari keramik harus secara rutin dilakukan agar tidak sampai mengerak dan cenderung susah dibersihkan. Kotoran yang umum berasal dari cipratan air sabun yang biasa kita gunakan untuk mandi.


Berikut beberapa bahan yang bisa Anda gunakan untuk membersihkan dinding kamar mandi berikut cara pengaplikasiannya.


Pertama, menggunakan cuka. Bahan ini juga sering digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian. Nah, ternyata cuka dapat dipakai untuk membersihkan dinding kamar mandi terutama yang terbuat dari keramik.


Caranya cukup simpel. Masukkan cuka putih pada botol semprotan. Siapkan juga air panas yang akan digunakan untuk menyiram dinding sehingga kerak atau kotoran bisa mudah luntur. Semprotkan cuka pada dinding dan diamkan beberapa saat. Gosok dan sikat dinding lalu bilas sampai bersih.


Kedua, memanfaatkan baking soda. Baking soda dapat membantu membersihkan noda membandel pada keramik. Caranya hampir sama dengan pemakaian cuka putih. Siram dinding kamar mandi dengan air panas, lalu percikan baking soda pada dinding. Biarkan beberapa waktu lalu sikat dan bilas.


Ketiga, menggunakan garam non iodium. Bahan ini mudah ditemukan dan harganya murah. Namun dalam pengaplikasiannya perlu bahan tambahan seperti cuka putih secukupnya. Setelah dinding dibasahi dengan cuka putih, taburkan atau gosokan garam pada dinding kamar mandi. Anda bisa memakai kawat alumunium atau sejenisnya. Kemudian bilas sampai dinding kamar mandi bersih.

 

Keempat, memanfaatkan kaporit. Kaporit dikatakan sebagai bahan yang efektif untuk membersihkan keramik. Bahkan yang sudah mengerak sekalipun. Silakan ikut langkah-langkah berikut.


Silakan Anda menyiapkan kaporit serta air panas yang baru saja mendidih. Siram dinding atau lantau kamar mandi dengan air panas. Kemudian taburkan bubuk kaporit sampai merata. Biarkan selama lebih kuran 30 menit. Selanjutnya gosok dan bilas dengan air sampai kamar mandi bersih.

 

Kelima, menggunkan cairan pembersih. Ini yang paling umum dilakukan. Selain praktis, bahan pun tersedia dalam banyak pilihan merk. Tetapi ada pula bahan-bahan yang diklaim khusus untuk noda membandel. Anda bisa mencoba produk tersebut.

 

Cara penggunaannya mudah, tinggal Anda siramkan cairan tersebut ke dinding atau lantai kamar mandi dan diamkan selama 10-15 menit. Setelah itu gosok dengan sikat dan bilas sampai dinding dan lantai kamar mandi benar-benar bersih.

 

Di antara tips menjaga kebersihan kamar mandi yakni dengan membersihkannya secara rutin. Anda bisa menjadwal misalkan satu pekan sekali kamar mandi harus dibersihkan. Dengan pembersihan yang rutin akan mencegah timbulkan kerak yang susah untuk dibersihkan.

 

Kini juga tersedia jasa cleaning service khusus membersihkan kamar mandi. Anda bisa mendapatkan layanan tersebut melalui platform digital yang telah tersedia. Namun Anda harus jeli dalam memilih jasa tersebut. Cara paling mudah dengan melihat review atas kinerja mereka. Dengan demikian Anda akan terbantu apalagi bagi Anda yang tidak memiliki waktu untuk urusan bersih-bersih rumah. [r]

LihatTutupKomentar