-->

Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar

Prabayar artinya kita membayar terlebih dahulu baru bisa memanfaatkan jasa yang akan kita gunakan. Mudahnya seperti kita membeli pulsa atau paket data untuk handphone.

Perbedaan Listrik Prabayar dan Pascabayar


Sedangkan Pascabayar, kita membayar tagihan setelah kita menggunakan fasilitas atau jasa dari penyedia layanan. Misal seperti telepon rumah, atau air PDAM.

Demikian juga, sekarang PLN sebagai penyedia listrik memberikan pilihan pembayaran dengan prabayar maupun pascabayar.

Listrik Prabayar menggunakan sistem pulsa. Kita membeli token listrik kemudian diinput ke meteran yang ada. 

Kelebihannya, kita bisa mengontrol penggunaan listrik dan disesuaikan dengan anggaran belanja. Tidak ada biaya keterlambatan karena jika token habis, maka otomatis tidak bisa digunakan.

Kekurangan listrik Prabayar, karena sifatnya yang terbatas maka jika sewaktu-waktu habis tidak akan bisa lagi menggunakan listrik. Cukup repot jika tengah malam kehabisan pulsa listrik. Maka perlu memiliki token cadangan.


Listrik Pascabayar, listrik yang tagihannya pada akhir bulan. Dihitung sesuai dengan pemakaian yang ada.

Kelebihannya, aliran listrik selalu siap sepanjang pembayaran rutin dilakukan, dan tidak perlu isi ulang, sehingga praktis.

Kekurangan listrik pascabayar, jika pemakaian tidak terkontrol bisa melebihi anggaran yang disediakan, jadi mesti bijak dan terkontrol. Selain itu beberapa kali pelanggan komplain karena pencatatan yang dilakukan petugas tidak akurat. [KM/03]

LihatTutupKomentar