-->

Memilih Tempat Duduk Paling Nyaman di Pesawat Terbang

Bagi Anda yang pertama mencoba naik pesawat terbang, ada baiknya menyimak tips dari Angkasa Pura ini, agar penerbangan pertama Anda terasa nyaman. 

Posisi Tempat Duduk Pesawat Terbang
pixabay.com

Kita mungkin pernah mendengar ungkapan, ‘Posisi menentukan prestasi’ waktu masih di bangku sekolah. Ungkapan semacam ini punya kecocokan juga ketika memilih tempat duduk di dalam pesawat.

Tentu memilih tempat duduk di pesawat tidak seperti memilih tempat duduk di busway, yang siapa cepat dia dapat. Untuk menentukan posisi tempat duduk dilakukan ketika kita cek in di Bandara maupun cek in secara online.

Di sana akan tersedia kursi yang masih kosong dan bisa dipilih. Umumnya Cek in bisa dilakukan 24 jam sebelum jadwal penerbangan. Bagi Anda yang pesan tiket melalui biro perjalanan bisa minta tolong untuk sekalian cek in dan request tempat duduk yang diinginkan.

Berikut posisi duduk yang relatif lebih nyaman ketika di pesawat menurut pilot Jonny Knowlson seperti dikutip @AP_Airports:

  1. Bagian sayap, karena bagian ini paling sedikit terpengaruh bila ada turbulensi.
  2. Di samping pintu darurat, karena area kakinya lebih lapang. Hanya saja menurut SOP ini diperuntukkan untuk mereka yang dianggap mampu membuka pintu darurat ketika terjadi kondisi emergency.
  3. Di sisi kiri kabin, karena sejalur dengan pintu sehingga kamu bisa keluar lebih dulu.
  4. Hindari duduk dekat toilet atau dapur, agar tidak terganggu oleh suara orang di dalamnya.
Bagi yang ingin melihat pemandangan dari pesawat tentu lebih leluasa jika memilih posisi di dekat jendela atau kursi paling pinggir. Biasanya penomoran kursi pesawat menggunakan kombinasi angka dan huruf, misal 17 A, B, C, D, E, F

Artinya nomor kursi deretan 17 dari depan. Kemudian A dan F merupakan kursi yang berada di dekat jendela. Ini sangat membantu jika kita ingin melihat pemandangan luar pesawat secara luas.


Bagi yang pertama naik pesawat ada baiknya datang lebih awal ke Bandara. Pertama masuk ke area cetak boarding pas, untuk masuk harus membawa bukti pemesanan tiket, bisa cetak bisa juga di HP asalkan bisa munjukkan serta kartu identitas (KTP).

Setelah itu ke counter tempat cetak tiket sesuai dengan maskapai masing-masing. Di sini harus menyiapkan bukti pembelian tiket, ktp, dan jika ada barang yang mau ditaruh di kargo bisa didaftarkan di sini.

Anda akan diberikan tiket dan bisa masuk ke ruang tunggu, terkadang gate atau lokasi ruang tunggunya berbeda untuk setiap pesawat, ada baiknya bertanya ke petugas di mana ruang tunggu yang sesuai, agar tidak salah tempat.

Anda harus menyiapkan tiket dan KTP baru kemudian masuk ke ruang tunggu. Setelah pesawat siap, maka penumpang akan dipersilakan masuk, di sini harus menyiapkan tiket dan KTP untuk diperiksa lagi. [KM/05]

LihatTutupKomentar