-->

Tim PKKM Kemenag DIY Lakukan Penilaian di MAN 2 Kulon Progo


Kulon Progo – Tim Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) Kanwil Kementerian Agama DIY melakukan penilaian di MAN 2 Kulon Progo, Senin (24/6). Tim diketuai Kepala Seksi Kelembagaan dan Sistem Informasi Madrasah, Drs. H. Tulus Dumadi, MA. bersama Kalimah, M.A. sebagai sekretaris dan Dra. Sulasmi, M.A. Kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kemenag Kulon Progo serta unsur tenaga pendidik di MAN 2 Kulon Progo sebagai anggota.



Dalam sambutannya, Tulus menegaskan pentingnya dalam pengembangan madrasah untuk membangun sistem tanpa melupakan pembangunan sumber daya manusia (SDM). “Kami berharap yang terbangun bukan hanya sumber daya manusia di madrasah tetapi juga pembangunan sistem. Sebab dengan sistem yang terbangun baik, ketika seorang Kamad mengalami pergantian, Madrasah tetap bertahan,” tegasnya.



Sedangkan Kepala MAN 2 Kulon Progo, Anita Isdarmini, SPd MHum. Dalam presentasinya mengungkap, dengan mengusung tagline Mandaku SIAP, MAN 2 Kulon Progo bertekad mewujudkan tujuh Kecerdasan siswa, yakni spiritual, akademik, moral, emosional, lingkungan, pedagogis dan managerial. “Kami mengawasli pengembangan madrasah dengan melakukan analisa potensi dan kekurangan yang ada. Kemudian kami bentuk tim untuk mewujudkan tujuan madrasah,” ungkap Anita yang juga Ketua Madrasah Ketrampilan Se-Indonesia tersebut.


PKKM merupakan penilaian yang bertujuan antara lain, untuk menjaring informasi sebagai bahan pengambilan keputusan dalam penetapan efektif atau kurang efektifnya kinerja kepala madrasah. Terdapat setidaknya lima komponen yang dinilai meliputi usaha pengembangan madrasah, pelaksanaan tugas manajerian, pengembangan kewirausahaan, supervise guru dan tenaga kependidikan serta penilaian ahsil kerja kepala madrasah pada periode akhir jabatan. [KM/03]

LihatTutupKomentar