-->

Anda Warga Yogya, Tapi Belum Pernah Naik Trans Jogja? Tarif Murahnya Patut Dicoba


Trans Jogja merupakan transportasi bus yang murah dengan kualitas layanan bagus. Dilengkapi dengan AC, armada cukup banyak dan rute mencakup wilayah Kota Yogyakarta sampai daerah pinggiran.

Trans Jogja
Bus Trans Jogja
(Sumber: Twitter Trans_Jogja)


Diluncurkan sejak tahun 2008 oleh Dinas Perhubungan DIY, saat ini Trans Jogja dikelola oleh dua perusahaan yakni masing-masing PT Jogja Tugu Trans untuk trayek rute 1A–3A serta PT Anindya Mitra Internasional untuk trayek rute 3B–11. Trans Jogja menggunakan sistem tertutup sehingga penumpang tidak bisa masuk bus kecuali melewati gerbang pemeriksaan. Penumpang juga tidak bisa naik-turun sembarang tempat kecuali di halte atau lokasi yang telah ditentukan.

Tarif Trans Jogja

Tarif Trans Jogja menerapkan sistem sekali jalan, tiket berlangganan umum dan tiket berlangganan belajar. Semua tarifnya terbilang murah. Untuk tiker sekali jalan (single trip) saat ini ditetapkan Rp3.500. Untuk tarif berlangganan kategori umum, Rp2.700 dan untuk pelajar berlangganan Rp1.800. Tentu saja ini sangat mendukung mobilitas Pelajar, di Kota Pendidikan Yogyakarta.

Sekali bayar untuk satu tujuan. Penumpang Trans Jogja tidak perlu membayar berulangkali meskipun berganti bus asalkan masih dalam satu tujuan. Sebelum naik karcis akan discan sehingga pintu akan terbuka otomatis sekaligus mendeteksi rute yang diinginkan.

Trans Jogja Mengakomodir Keberadaan Bus Kota

Bagi Anda di tahun 2000-an mungkin masih menyaksikan banyak bus kota yang lalu-lalang di jalanan Kota Yogyakarta. Damri, Aspada, Kobutri, Puskopkar, Kopata, dan Bus aneka jalur, Koperasi Pemuda Sleman. Kehadiran Trans Jogja tidak secara otomatis mematikan perusahaan otobus sebelumnya karena pengelola Trasn Jogja merupakan gabungan dari pengelola transportasi yang sudah ada sebelumnya.

Jumlah Armada Trans Jogja
Jumlah Armada Trans Jogja

PT Jogja Tugu Trans (JTT) merupakan gabungan dari Koperasi Pemuda Sleman, Kopata, Kobutri, Aspada, dan Puskopkar serta DAMRI. Selain PT JTT, Trans Jogja juga dikelola oleh PT Anindya Mitra Internasional yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DIY.

Anda Orang Jogja Belum Pernah Naik Trans Jogja?

Anda orang Yogyakarta belum pernah naik Trans Jogja? Perlu dicoba, sekali waktu keliling Yogya dengan Trans Jogja. Tarifnya sangat terjangkau. Keberadaan Trans Jogja juga dimaksudkan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas di Yogyakarta. [KM/03]

LihatTutupKomentar