-->

Pusat Latihan Komputer Kecamatan Minggir, Antara Harapan dan Kenyataan


Sendangagung - Broadband Learning Centre (BLC), begitu tulisan yang terpampang mencolok di dinding bangunan bagian selatan kompleks Kantor Camat Minggir. Di dalamnya terdapat belasan komputer lengkap dengan jaringan yang terhubung dengan internet. Fasilitas yang tersedia sangat memadai untuk belajar dan mengakses internet. Hebatnya lagi, peresmian BLC di Minggir dilakukan langsung oleh Bupati Sleman, Drs. H. Sri Purnomo, M.Si. pada tahun 2013 lalu.

Ruang BLC di Kompleks Kecamatan Minggir

Kabare Minggir sempat mendengar adanya fasilitas tersebut, bahkan beberapa tahun lalu sempat mencoba mencari informasi bagaimana untuk memanfaatkannya. Namun hasilnya nihil. Tentu sangat disayangkan fasilitas yang sedemikian canggih akhirnya tidak bisa dimanfaatkan secara maksimal. Padahal tentu pihak Telkom dan pemerintah Kabupaten Sleman berharap agar adanya jaringan internet tersebut bisa memajukan Minggir. Terutama akses untuk usaha kecil menengah (UKM) agar lebih berkembang.

Selain itu juga bisa digunakan para pelajar guna menunjang pembelajaran mereka. Tetapi tampaknya semua itu masih jauh dari harapan, karena nyatanya BLC tetap tertutup pintu. Nasib serupa barangkali bukan hanya menimpa BLC, tetapi juga beragam program yang semestinya bisa digunakan secara luas oleh masyarakat tetapi akhirnya teronggok percuma.

Sebagaimana dilansir situs http://www.telkom.co.id, BLC merupakan salah satu bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Telkom. PT. Telkom telah membangun BLC setidaknya di 61 Kota di Indonesia serta melakukan  pelatihan TIK bagi siswa dan guru. Melalui program ini, Telkom menargetkan 50.000 Master Trainer guru sampai tahun 2015. Selain itu, Telkom juga membangun Creative Centers di 20 titik di seluruh Indonesia serta Creative Camps yaitu Bandung Digital Valley, Jogja Digital Valley dan Jakarta Digital Valley.

Semoga dengan bergantinya jajaran pejabat di Kecamatan Minggir, akan memberikan perhatian khusus untuk kembali memanfaatkan BLC agar sesuai fungsi aslinya. [KM/03]
LihatTutupKomentar