Back To Top
Kabare Minggir – Prestasi membanggakan berhasil diraih Perpustakaan ‘Sumber Ilmu’ yang merupakan Perpustakaan Desa Balecatur Gamping Sleman dengan dinobatkan sebagai perpustakaan tingkat desa/kelurahan terbaik Nasional.

Kepala Desa Balecatur dan Kepala Perpustakaan Desa

Serangkaian proses penilaian berhasil dilalui seperti tahapan pembinaan sebagai Rintisan Desa Gemar Membaca (RDGM) tahun 2016. Kemudian berhasil meraih akreditasi Perpustakaan ‘A’ pada tahun 2018. Serta berhasil lolos lomba perpustakaan dari tingkat Kabupaten dan DIY.



Perpustakaan Sumber Ilmu berdiri berdasarkan Surat Keputusan (SK) Kepala Desa Nomor: 14/KEP.Kades/BLC/2011 tertanggal 22 Agustus 2011. Dengan ditandatangani Kepala Desa Sebrat Haryanti.

Pengelolaan Perpustakaan Desa Terbaik Nasional

Menurut Kepala Perpustakaan Desa Balecatur, Prabowo Wulantopo, Perpustakaan Sumber Ilmu mempunyai visi Maju bersama Perpustakaan Sumber Ilmu Mewujudkan Desa Balecatur yang Cerdas dan Berkualitas. Sehingga diharapkan keberadaan perpustakaan bisa mendukung kemajuan pembanguan desa.

Prabowo mengungkapkan, peran perpustakaan desa sangat strategis untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat. Menurutnya, tidak sebatas masyarakat sekitar perpustakaan tetapi juga secara luas.

Di tengah merebaknya arus informasi dan berita yang serba elektronik, mengajak generasi muda untuk gemar membaca dipandang sangat penting. Sehingga minat baca mereka tetap terjaga.

Perpustakaan Sumber Ilmu mengusung motto : Maju Desaku Bersama Sumber Ilmu. Dengan tujuan melayani masyarakat dengan penuh semangat baru dan harapan baru. Pengelolaan Perpustakaan dirancang sebaik mungkin sehingga para pengunjung merasa nyaman.

Layanan Perpustakaan Desa Balecatur

Beragam layanan disediakan oleh pengelola perpustakaan Sumber Ilmu. Antara lain berupa layanan perpustakaan keliling, layanan pojok baca, home theater dan audio visual. Selain itu juga disediakan ruang baca khusus untuk anak, serta kegiatan berupa Sekolah Kamis dan Sekolah Seni Budaya.
Masyarakat juga bisa mengakses perpusdes Balecatur melalui internet dengan mengakses situs perpusnas.go.id/news.

Sedangkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Ayu Laksmi Dewi berharap agar keberhasilan Perpusdes Bale Catur bisa menginspirasi desa-desa lain untuk peduli dan mengembangkan perpustakaan.

Tahapan Penilaian Perpustakaan Desa

Secara rutin Perpustakaan Nasional RI menggelar pemilihan perpustakaan desa terbaik Nasional. Tahun 2019 lalu, puncak acara pelaksanaan berlangsung di Jakarta 14-16 Agustus 2019. Tahun 2019, Perpustakaan Desa Balecatur Gamping Sleman berhasil menjadi yang terbaik.

Penentuan pemenang berdasarkan pemilihan di tingkat provinsi yang sebelumnya telah menyeleksi dari tingkat kabupaten. Kemudian perpusdes terbaik tingkat provinsi diajukan ke tingkat nasional dengan mengirimkan berbagai berkas yang dibutuhkan.

Baca Juga : Delapan Kecamatan di Sleman Akan Dilalui Jalan Tol

Dewan juri kemudian menyeleksi berkas yang masuk dan melakukan visitasi ke lapangan untuk melihat secara langsung perpustakaan desa yang ada. Kompetisi ini digelar untuk mengukur pengelolaan perpustakaan yang ada di masing-masing desa maupun kelurahan.

Pada babak final terpilih 18 perpustakaan terbaik dan dibagi ke dalam tiga klastes yakni A, B dan C. Sedangkan Perpustakaan Sumber Ilmu Desa Balecatur Gamping Sleman masuk ke dalam kluster A. Setelah dilakukan visitasi dan penilaian secara menyeluruh, akhirnya Perpusdes Balecatur dinobatkan sebagai perpustakaan desa terbaik nasional 2019. 

Video Perpustakaan Desa Balecatur


[KM/04 || republika] sumber foto : perpusarsip.slemankab.go.id

0 komentar:

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca