Back To Top

Manfaat wudhu untuk menjaga kesehatan dan serangan virus. Wudhu merupakan rangkaian yang harus dijalani seorang Muslim sebelum melaksanakan shalat. Ibadah shalat seseorang dianggap tidak sah jika tidak didahului dengan wudhu. Dalam sehari setidaknya ada lima shalat wajib.

Sumber: www.pixabay.com

Pasca mewabahnya virus Corona, kajian tentang menjaga kebersihan menjadi penting. Beberapa peneliti mengungkapkan wudhu memiliki menjadi cara efektif untuk menjaga kebersihan. Karena bagian-bagian yang harus dibasuh dengan air, merupakan bagian tubuh yang banyak kontak dengan debu atau udara bebas.

Saat wudhu, bagian badan yang harus dibasuh antara lain :telapak tangan, wajah, lengan sampai siku, hidung, telinga, kepala dan kaki sampai dengan mata kaki. Psikiater dan ahli saraf dari Austria, Prof Leopold Werner von Ehrenfels, menjelaskan ketika wudhu, ari yang dibasuhkan mengenai bagian-bagian yang merupakan titik-titik saraf. Sehingga saraf akan bersifat aktif dan mempengaruhi kondisi tubuh tetap segar.

Baca Juga : Konsumsi Kelelawar Diduga Penyebab Virus Corona di Cina

Selain itu, basuhan air sebanyak lima kali dalam sehari memungkinkan tubuh tetap terjaga kebersihannya. Meminimalkan terjadinya berbagai penyakit kulit. Air yang digunakan untuk berwudhu dianjurkan merupakan air yang bersih dan membersihkan dan dalam keadaan mengalir. Jika tidak, jumlahnya harus sekian bak, sesuai ketentuan. Zaman dahulu banyak yang menggunakan air tergenang, sehingga justru menimbulkan penularan penyakit kulit.

Basuhan air wudhu menurut sebagian peneliti juga bermanfaat menjaga kebersihan dan kulit tetap terlihat muda. Maka dalam Islam, dikenal sebuah pesan dari Nabi Muhammad, kelak akan terlihat perbedaan orang yang berwudhu atau tidak. Orang yang biasa berwudhu memiliki kulit yang terlihat bersih dan cerah meskipun tanpa make-up.

Tayamum Pengganti Wudhu

Wudhu tidak hanya menjadi ajaran dalam Islam tetapi ternyata juga memiliki kemanfaatan dalam bidang kesehatan. Dalam ajaran wudhu terdapat perintah untuk berkumur dan membersihakn lubah hidung. Ini selaras dengan pesan para ahli kesehatan untuk mengurangsi resiko tertular virus dengan cara membersihkan tenggorokan atau saluran pernafasan.

Jika tidak mendapatkan air untuk berwudhu, diperintahkan untuk melakukan tayamum. Mirip dengan wudhu tetapi menggunakan media debu. Ini dilakukan jika tidak ada air atau tidak mendapatkan air untuk berwudhu. Dan ternyata debu atau tanah juga memiliki khasiat untuk mematikan sebagian bakteri atau virus tertentu. [KM/02]

0 komentar:

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca