Back To Top

Setelah tahun lalu terjadi tanah amblas pasca banjir yang menggenangi Gunungkidul dan Bantul, kini tanah amblas atau sering disebut dengan sinkhole kembali terjadi di beberapa tempat di Gunungkidul. Kejadian terbaru muncul di Desa Jepitu Kecamatan Girisubo Gunungkidul.

Tanah Amblas (ilustrasi)
Sumber : pixabay.com


Diperkirakan tanah amblas di lokasi tersebut terjadi pada Jumat (10/1/2020) pagi. Warga setempat menjelaskan kejadian serupa pernah ada pada 2013 lalu, ketika terjadi tanah amblas dan air telaga tiba-tiba menyusut.

Menanggapi kondisi tersebut tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Gunungkidul segera mengecek kejadian untuk memastikan keselamatan warga sekitar. Untuk sementara penanganan dilakukan dengan memasang tanda pengaman agar tidak ada warga yang mendekati lokasi.

Menurut catatan, pada tahun 2020 ini telah terjadi beberapa sinkhole du Gunungkidul. Sebelumnya juga muncul tanah amblas di Dusun Brongkol Purwodadi Kecamatan Tepus serta Dusun Karangawen dan Dusun Tlaseh yang keduanya berada di Desa Pucung, Kecamatan Girisubo.

Penyebab Munculnya Sinkhole

Tanah amblas yang terjadi di Gunungkidul, menurut para ahli disebabkan adanya erosi dalam tanah. Erosi ini disebabkan tergerus air sungai bawah tanah yang banyak terdapat di Gunungkidul. Ketika musim penghujan, debit air sungai bawah tanah bertambah dan mengenai rongga-rongga tanah di atas atau di sekitarnya.

Untuk itu para ahli memandang perlunya pemetaan sungai bawah tanah yang ada di Gunungkidul. Hal ini agar diketahui wilayah mana saja yang di bawahnya terdapat sungai untuk memetakan resiko terjadinya tanah amblas di kemudian hari. [KM/03 | dari berbagai sumber]


0 komentar:

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca