-->

Klitih dan Cermin Pendidikan yang Parsial

Maraknya klitih yang kembali terjadi di Yogyakarta bisa menjadi cermin bagaimana generasi muda kini terbentuk. Jika mau jalan pintas, maka sistem pendidikan seringkali menjadi kambing hitam. Pendidikan dianggap tidak sanggup mencetak para siswa untuk menjadi lebih baik.

Coretan di Jembatan Kebonagung 2
ulah tangan tak bertanggungjawab


Tetapi menyalahkan lembaga pendidikan bukanlah sebuah langkah tepat. Karena sejatinya pendidikan merupakan tanggungjawab bersama. Keluarga, masyarakat dan lembaga pendidikan. Termasuk pemerintah. Maka idealnya mereka bekerjasama dan bersinergi.

Kondisi riil di lapangan tidak selalu berjalan seperti itu. Banyak orang tua yang lebih menyandarkan pendidikan putra-putrinya hanya kepada sekolah. Lepas dari itu mereka tidak lagi mengawasi anak-anaknya. Padahal di sekolah, anak-anak lebih banyak mendapat materi pelajaran. Sedangkan muatan sopan santun dan agama terbatas.

Maka sangat perlu adanya interkonektivitas pendidikan, antara sekolah, masyarakat dan lembaga-lembaga lain yang peduli dengan pendidikan. Agara generasi muda kita, khususnya di Sleman tidak hanya pintar tapi juga memiliki sopan santun. [r]


LihatTutupKomentar