-->

Info Cegatan Jogja (ICJ), Berbagi Informasi dan Kepedulian Sosial


Info Cegatan Jogja atau sering disingkat ICJ merupakan grup Facebook yang cukup fenomenal. Grup yang dibangun oleh Yanto Sumantri dan beberapa kawan ini terbukti tidak hanya sebagai sarana berbagi informasi, tetapi telah menjadi semacam komunitas yang mampu menggerakan dan peduli kepada sesama.

Sesuai dengan namanya, menurut Yanto atau biasa dikenal dengan sebutan Antok ICJ, awalnya grup ini memang sengaja dibuat untuk mengabarkan dan  tempat keluh kesah berbagai hambatan (cegatan) yang dialami masyarakat dalam mengurus keperluan di instansi publik. Sebagian anggota grup juga menginformasikan tentang razia lalu lintas yang dilakukan polisi.

info cegatan jogja 
Anggota grup ini telah mencapai ratusan ribu. Bahkan brand ICJ sempat merajai jalanan Yogyakarta dan sekitarnya karena banyak orang yang rela memasang stiker ICJ di kendaraannya. Anggota Grup ini pada Maret 2019 telah mencapai lebih dari 940 ribu orang. Sebuah jumlah yang fenomenal.

ICJ memiliki aturan yang cukup ketat, dan dipantau oleh para admin untuk melakukan moderasi. Segala bentuk promosi barang akan kena sensor. Saat ini beberapa info yang berpotensi lolos tayang, info kecelakaan, bencana alam, kegiatan atau aksi sosial, berita kehilangan dan sebagainya.

Khusus untuk penemuan barang berupa dompet dan HP, kini tidak lagi ditampilkan karena digunakan orang jahat untuk meminta uang transfer. Uniknya, karena anggota begitu banyak dan mayoritas aktif, maka ketika ada berita yang tidak benar akan saling mengoreksi.


Kisah Yanto Sumantri, Inisiator Info Cegatan Jogja

Lulusan STM 1J etis Yogya/SMK N 2 Yogyakarta, ini tidak sendirian dalam mengelola ICJ. Banyak suka duka yang telah dia lewati saat mengelola ICJ. Termasuk harus berurusan dengan kepolisian. Begitupun beberapa penghargaan juga pernah ia peroleh, karena ICJ dianggap sebagai gerakan yang memberi manfaat.

Kini ICJ bukan hanya sebuah Grup FB, melainkan menjadi semacam komunitas yang saling berbagi informasi, gerakan sosial, dan rujukan bagi banyak kalangan. Bukan hanya masyarakat awam, melainkan juga instansi swasta maupun pemerintah. ICJ juga menawarkan kecepatan dalam penyampaian berita, dengan mengandalkan kerelawanan para anggotanya.

Semoga ICJ terus bermanfaat dan menginspirasi [KM/03]

LihatTutupKomentar