-->

Kepala Kantor Ungkap KUA Tidak Hanya Mencatat, Tetapi Juga Membentuk Keluarga Samawa

KabareMinggir - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta, H. Nadhif, S.Ag. M.S.I. mengungkapkan fungsi Kantor Urusan Agama menerima pendaftaran dan melakukan pencatatan nikah. Tetapi tujuan jangka panjang yang diharapkan mampu untuk membentuk keluarga-keluarga yang sakinah mawadah wa rahmah (Samawa). Hal tersebut disampaikan Nadhif ketika memberikan sambutan dalam program Bimbingan Kewirausahaan Manten (Birama).

Kegiatan yang berlangsung di KUA Gedongtengen tersebut menurut rencana akan berlangsung selama dua hari, Selasa-Rabu (4-5/6/2024). Dengan materi keterampilan sablon dan keterampilan potong rambut. Peserta terdiri dari para penganten muda yang belum memiliki pekerjaan tetap. 

Nadhif menambahkan dalam mewujudkan keluarga Samawa banyak persoalan-persoalan yang perlu mendapatkan perhatian seperti kesehatan, sampai dengan ekonomi. Ketahanan ekonomi memiliki peran penting dalam mewujudkan keluarga yang sakinah.

Melihat persoalan yang ada, KUA Gedongtengen meluncurkan program KUA Model Pemberdayaan Ekonomi Umat (Moderat). Dengan beberapa program yang ada seperti BIRAMA (Bimbingan Kewirausahaan Manten) yang bertujuan penguatan keterampilan para pengantin. 

Selain itu juga MASMIGANDI (Masjid Mitra Keluarga Mandiri), merupakan program kerjasama antara KUA bersama dengan DMI dan Takmir Masjid di wilayah Kemantren Gedongtengen untuk memberikan layanan penguatan masyarakat di sekitar lingkungan Masjid melalui ketahanan Keluarga bidang ekonomi, ketahanan Keluarga bidang kesehatan, ketahanan Keluarga bidang ramah anak dan ketahanan Keluarga bidang religiusitas.

Kelima, KOGAMA (Koperasi Keluarga Mandiri), koperasi yang didirikan oleh kelompok keluarga-keluarga produktif di Kemantren Gedongtengen Kota Yogyakarta dengan tujuan menghadirkan keluarga-keluarga Mandiri (hadir ketahanan keluarga pada aspek kesejahteraan ummat). Serta Program Pelangi berkah, memberikan nuansa takwa, sakinah dan zakat. Ini program kolaborasi KUA Gedongtengen dengan Baznas Kota Yogyakarta serta stake holder yang lain. 

Hadir dalam acara tersebut, Kepala Kanwil Kemenag DIY, Dr. H. Masmin Afif, M.Ag., Ketua Baznas Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Perindustrian, Kepala BSI, Kepala BPD Syariah, Kasubbag TU, Kasi Bimas Islam, Mantri Pamong Praja, Kapolsek, Danramil, Kepala KUA dan lainnya. [am/]

LihatTutupKomentar