-->

Waspada! 3 Makanan Penyebab Sakit Tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah sensasi tidak nyaman, perih, gatal, atau kering yang terjadi di daerah tenggorokan. Kondisi ini dapat muncul sebagai tanda dari berbagai gangguan atau penyakit, termasuk infeksi virus. Gejala sakit tenggorokan seringkali memburuk saat makan atau minum. Sakit tenggorokan dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti perubahan cuaca yang ekstrim atau infeksi bakteri di tenggorokan. Selain faktor-faktir tersebut, radang tenggorokan juga dapat disebabkan oleh makanan.

Ilustrasi sakit tenggorokan (sumber : pexels.com)


Melansir dari akun Youtube @kompastv, berikut ini adalah 3 jenis makanan yang dapat menyebabkan sakit tenggorokan:

1. Makanan yang terlalu kering. Makanan yang terlalu kering dapat menyebabkan iritasi pada tenggorokan dan menyebabkan rasa tidak nyaman atau sakit tenggorokan pada beberapa orang. Contoh makanan kering seperti kerupuk, biskuit, kacang-kacangan dan camilan kering lainnya.

2. Makanan yang terlalu asin. Makanan asin terutama jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan, dapat menyebabkan dehidrasi karena garam dalam makanan dapat menarik air dari tubuh. Dehidrasi dapat menyebabkan tenggorokan kering dan iritasi, yang pada akhirnya dapat menyebabkan ketidaknyamanan atau sakit tenggorokan.

3. Makanan yang terlalu manis. Mengonsumsi makanan yang terlalu manis apalagi yang mengandung pemanis buatan dapat menyebabkan radang tenggorokan. Hal ini dapat terjadi karena makanan manis dapat memicu naiknya asam lambung ke tenggorokan sehingga menyebabkan radang.


LihatTutupKomentar