-->

Dialog Kerukunan dan Penyerahan Bantuan Desa Sadar Kerukunan di Jatimulyo

Kulon Progo  - Kegiatan penyerahan bantuan desa sadar kerukunan di Kalurahan Jatimulyo Kulon Progo dilaksanakan bersamaan dengan dialog kerukunan umat beragama yang digelar FKUB Kab Kulonprogo, Sabtu (18/9/2021) di Pendopo Kalurahan Jatimulyo, Kulon Progo.


Dialog kerukunan di Jatimulyo Kulon Progo


Kegiatan dihadiri Kakankemenag Kabupaten Kulonprogo, HM. Wahib Jamil, M.Pd., Kasubag Ortala KUB Kanwil, Dr. Nur Ahmad Ghojali, M.A. beserta jajaran, Direktur PusHAM UII, Eko Riyadi, Kepala Badan Kesbangpol Kulon Progo, FKUB Kulon Progo, serta tokoh agama dan masyarakat Jatimulyo berlangsung dengan dengan prokes ketat.


Dialog dimoderatori Ketua FKUB Kulon Progo, ia menyatakan  bahwa bantuan  Desa sadar kerukunan ini nanti sebagai pilot project desa sadar kerukunan dengan masyarakat yang majemuk, keberagaman agama tetapi tetap harmonis dengan saling menjaga kerukunan.




Selanjutnya Kakankemenag Wahib Jamil memberikan sambutan, bahwa dialog ini bisa dijadikan sarana untuk NGOPI (ngobrol pernak pernik Indonesia). "Moderasi beragama itu pada prinsipnya bukan pendangkalan agama, tetapi ketika agama itu sudah diamalkan, bagaimana menjaga perbedaan cara pemahaman, bersikap, dan bertindak yang harus dijaga kebersamaannya," jelasnya. Ia juga mengajak agar agar saling menghormat , bersyukur atau bersabar dalam menyikapi keberagaman masyarakat khusunya di Jatimulyo.


Baca Juga : Melihat Panorama Pegunungan Menoreh dari Kalibiru


"Sadar kerukunan itu bagaimana terciptanya komunikasi internal warga Jatimulyo dengan jati diri yang mulia, harus bijaksana dalam menerima informasi dari luar, harus menjaga kerbersamaan, siap menerima hal baru agar tetap tercipta kenyamanan," imbuh Wahib.


Sementara Kasubag Ortala dan KUB, Nur Ahmad Ghojali mengharapkan bantuan ini dapat dimanfaatkan seoptimal mungkin untuk kegiatan masyarakat di Jatimulyo, yang nanti secara teknis akan dimentori oleh Tim dari PusHAM UII. Acara ini dilanjutkan diskusi dengan peserta dan pendampingan teknis tentang bagaimana rencana tindak lanjut Kalurahan Jatimulyo dalam penggunaan dana bantuan. [r]

LihatTutupKomentar