-->

MCCC Cabang Minggir Galang dan Salurkan Dana 41 Juta Untuk Warga Terdampak Corona

KabareMinggir.Com - MCCC Cabang Minggir berhasil menggalang dan menyalurkan dana lebih dari Rp41 Juta untuk Warga terdampak Corona di Kecamatan Minggir. Kegiatan ini merupakan bentuk nyata MCCC dalam membantu masyarakat.

Dana tersebut merupakan donasi dari warga dan simpatisan Muhammadiyah yang ada di Minggir maupun di perantauan. 


MCCC Salurkan Bantuan


Sampai dengan akhir April 2020, total donasi yang terkumpul sejumlah Rp41.150.000 dan terus bertambah sejalan dengan program yang masih berlangsung.

Dana tersebut disalurkan untuk berbagai kegiatan yang terbagi dalam delapan program MCCC Cabang Minggir.

Di antaranya, berupa bantuan 455 paket bahan pokok kepada warga masyarakat yang membutuhkan.


MCCC Salurkan Bantuan


Selain itu juga diwujudkan berupa alat yang menudkung pola hidup bersih dan sehat yakni pembagian 764 masker, 10 liter handsanitizer kepada warga masyarakat yang membutuhkan.


Baca Juga : 30 April 2020, Positif Corona Indonesia Lebih 10 Ribu Orang

MCCC melalui generasi muda Muhammadiyah yang tergabung dalam Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) Cabang Minggir juga melakukan edukasi kepada para pedagang pasar tradisional tentang bahaya Covid-19 sekaligus cara mencegah penyebarannya dengan memberikan pemahaman langsung ke para pedagang serta membagikan leaflet. Total leaflet yang telah dibagikan oleh MCCC sebanyak 1076 lembar.


MCCC Salurkan Bantuan


Sementara untuk mendukung tenaga medis MCCC memberikan paket APD ke Puskesmas Minggir. Total APD yang sudah diserahkan MCCC berjumlah 8 buah paket APD, serta masker bedah (3 box), masker n95 (5buah). 

Paket APD yang disalurkan untuk Puskesmas senilai Rp 1.600.000.


MCCC Salurkan Bantuan


Pihak MCCC juga menyalurkan disinfektan : 14 botol @500 ml, handwash 20 Botol, gabah 85 kg, vitamin 400 pcs, serta hand wash refil 6 botol.

MCCC juga melakukan penyemprotan desinfektan di beberapa lokasi.

Apakah MCCC? Dapat Dana Awal Rp 5 Miliar

MCCC merupakan singkatan dari Muhammadiyah Covid-19 Command Center, atau gugus tugas yang dibentuk oleh Muhammadiyah untuk membantu pemerintah mengatasi wabah Corona.

Uniknya MCCC lebih dulu terbentuk sebelum Gugus Tugas Resmi dari Pemerintah. MCCC dibentuk pada 5 Maret 2020, atau hanya berselang beberapa hari setelah kasus pertama positif corona di Indonesia diumumkan.

Sementara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) baru terbentuk pada 13 Maret 2020 melalui Keputusan Presiden No 7/2020.

Baca Juga : Unimus Beri Beasiswa Penuh, Anak Perawat Positif Corona yang Jenazahnya Ditolak Warga

Begitu terbentuk MCCC langsung didukung oleh setidaknya 20 Rumah Sakit Muhammadiyah atau Aisyiah di seluruh Indonesia. Kini jumlah RS yang sudah siap menjadi sekitar 60.

Selain itu MCCC didukung langsung oleh Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang selama ini fokus ke penanggulangan bencana alam. Pendanaan diback-up oleh Lembaga Zakat Infak dan Shadaqah Muhammadiyah (LazisMu). Tahap awal Lazismu telah menggelontorkan dana sebesar Rp5 Miliar.

Kini MCCC telah terbentuk di seluruh Indonesia, bahkan sampai tingkat Cabang atau Kecamatan. Dimpimpin langsung oleh dokter Corona Rintawan, yang saat ini diangkat menjadi Staf Khusus Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Sehingga posisi Ketua MCCC digantikan Mohamad Agus Samsudin. 

Bagi masyarakat yang ingin membantu warga terdampak wabah Covid-19 bisa melalui Posko MCCC Cabang Minggir yang bertempat di Ngloji Muhammadiyah Kebonagung. Atau melalui Lazismu Cabang Minggir. Atau melalui transfer ke Rekening BRI : 3060-01-022778-53-7 a/n Lazismu PCM Minggir. Konfirmasi donasi ke 0812-1588-696 [KM/03]






LihatTutupKomentar