-->

Lima Tips Cara Aman Belanja Online di Instagram

Masa stay at home membuat belanja online menjadi pilihan banyak orang. Selain mengurangi interaksi dengan banyak orang, belanja online juga dirasakan praktis karena bisa memilih aneka barang cukup melalui gadget, smartphone maupun laptop.

Lima Tips Cara Aman Belanja Online di Instagram


Apalagi saat ini berbagai barang dijual secara online dengan harga bersaing, bahkan bisa dibilang relative lebih murah ketimbang beli secara offline. Penawasan bebas ongkos kiri juga semakin membuat banyak orang lebih memilih belanja online.

Berikut beberap tips cara aman belanja online di instagram yang kami sarikan dari akun twitter @victoriayovita

Jangan terpesona banyaknya follower

Para pembeli biasanya menadai satu akun sebagai akun popular atau tidak dengan melihat jumlah follower. Ternyata, jumlah follower yang puluhan ribu belum bisa menjadi jaminan karena ada juga akun palsu dengan jumlah pengikut puluhan ribu.
Cek apakah punya lapak di Marketplace

Komentar dibatasi

Jika penjual membatasi komentar dari konsumen, maka perlu diwaspadai. Karena harusnya penjual dan pembeli bisa interaktif berkomunikasi.

Berganti-ganti nama akun

Cara mengetahuinya dengan cara klik tanda titik tiga di kanan atas akun, pilih tentang akun ini, lihat nama pengguna sebelumnya.

Jika ternyata akun tersebut telah berganti-ganti nama, maka perlu lebih waspada.

Harga yang ditawarkan tidak masuk akal

Jangan langsung tergoda dengan penawaran harga yang murah. Coba cek harga barang serupa di Marketplace apakan selisihnya wajar atau tidak. Jika selisihnya tidak wajar, meskipun mengaku ambil langsung dari produsen, tetap harus waspada.

Mengklaim Label Original

Bahasa promosi mereka bisa jadi terkesan serbah ‘wah’. Label orisinil, dengan harga murah dan sebagainya.


Biasanya dengan Rek BTPN

Ini dari beberapa pengalaman para konsumen yang pernah tertipu. Entah mengapa para penjual abal-abal beberapa lebih memilih menggunakan rekeninh Bank BTPN.


Testimoni Copas

Bisa dicek melalui penelusuran Google, jika berupa teks cilakan copy saja kemudian masukkan ke google dan klik cari. Jika muncul testimoni yang sama dari akun atau web lain, maka patut menjadi catatan.

Itulah beberapa tanda agar kita lebih waspada. Memang para penipu selalu berinovasi dan mengubah metode-metode mereka.

Apa Perbedaan Olshop IG dengan Marketplace

Secara mudah, proses transfer uang akan berbeda. Olshop IG rekening transfer atas nama pribadi, artinya ketika kita transfer uang langsung terkirim ke rekening tujuan.

Sedangkan di marketplace, uang yang kita transfer berada di pihak ketiga dalam hal ini perusahaan Marketplace, jika barang sudah dikirim dan diterima baru pihak Marketplace transfer ke penjual/olshop. Jadi lebih aman. [KM/03]

LihatTutupKomentar