-->

Wakili Sendangagung, Dusun Bekelan – Kliran 10 Raih Juara 2 Lomba PHBS


Desa Sendangagung Kecamatan Minggir berhasil meraih juara 2 dalam lomba perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) tingkat Kabupaten Sleman. Untuk maju ke tingkat Kabupaten Sleman, Desa Sendangagung diwakili oleh Dusun Bekelan – Kliran 10. Tim evaluasi melakukan peninjauan langsung ke lokasi pada 21 Februari 2019 lalu.

Warga Dusun Bekelan - Kliran 10
bersiap menerima tim evaluasi PHBS

Lomba ini merupakan acara yang dilakukan secara berjenjang. Juara tingkat Kabupaten akan maju ke tingkat DIY dan akan dipilih yang terbaik untuk maju ke tingkat Nasional. Untuk mewujudkan PHBS memang tidak mudah, karena membutuhkan kerjasam seluruh elemen masyarkat. Tak terkecuali di Dusun Bekelan – Kliran 10 , yang juga mengajak anak-anak untuk ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Harjana, Kepala Dusun Kliran 10

Daftar Juara Lomba PHBS Kabupaten Sleman 2019

Setelah melalui serangkaian penilaian akhirnya ditetapkan tiga Desa dengan nilai tertinggi. Juara 1 diraih Desa Sidokarto Kecamatan Godean. Juara 2 diraih Desa Sendangagung. Sedang juara 3 direbut Desa Pakembinangun Kecamatan Pakem. Meski belum meraih juara 1, Kepala Dusun Bekelan – Kliran 10, Harjana tetap bersyukur. Ia pun mengucapkan terima kasih atas dukungan dan peran aktif seluruh warga.

Baca juga: Asman Toga, Antarkan Desa Sidokarto Juara 1 Lomba PHBS

Lomba PHBS sendiri merupakan penilaian yang berdasar berbagai indikator antara lain, PHBS rumah tangga terdiri dari persalinan dengan pertolongan tenaga kesehatan, penimbangan balita, pemberian air susu ibu (ASI) kepada bayi, penggunaan air bersih, penggunaan jamban sehat, memeriksa jentik nyamuk, mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun, beraktivitas fisik secara rutin, serta mengkonsumsi makanan yang bergizi. [KM/03 || hjn]

LihatTutupKomentar