-->

Muncul Retakan Tanah di Makam Raja-raja Imogiri


Kabare Minggir – Dampak dari hujan deras beberapa hari lalu telah mengakibatkan longsor di kompleks maka Raja-raja Mataram di Imogiri. Bahkan kini terdapat beberapa bagian makam mengalami keretakan. Untuk mengantisipasi terjadinya longsor susulan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY dan pihak terkait melakukan penutupan menggunakan terpal plastik. Untuk mencegah air hujan meresap ke rekahan tanah.

makam raja imogiri longsor
Makam Imogiri Longsor (Sumber: Kedaulatan Rakyat)


Sebagaimana diberitakan Kedaulatan Rakyat, area yang ditutupi seluas 4000 meter yang merupakan kompleks makam baru. Gerakan tanah di Makam Imogiri memiliki tipe luncuran sehingga membahayakan bagi penduduk di bagian bawah. Untuk itu BPBD menimbau warga untuk mengungsi apabila terjadi hujan deras.


Selain retak, di beberapa bagian makam juga mengalami penurunan sekitar 12-15 cm. Saat ini para akademisi sedang mengkaji fenomena yang terjadi. Sedangkan untuk penanganan sementara dan pembangunan secara permanen akan dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP-ESDM) bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan untuk mengkaji secara sosial-budaya.

Sedangkan dana yang dibutuhkan akan diambilkan dari Dana Keistimewaan (Danais) sebab Makam Imogiri merupakan satu diantara 16 Satuan Ruang Strategis (SRS) Keistimewaan DIY. [KM/03]

LihatTutupKomentar