-->

Diterjang Angin Kencang, Puluhan Pohon di Minggir Tumbang



KabareMinggir – Hujan dan angin kencang yang menerpa Kecamatan Minggir Ahad (18/3) menyebabkan sejumlah pohon tumbang. Beberapa di antaranya menimpa rumah penduduk. Kondisi cuaca memang berubah drastis, pada siang harinya keadaan panas terik, tiba-tiba turun hujan lebat disertai angin kencang. Aliran listrik di sejumlah daerah pun padam.


Dari pantauan Kabare Minggir, sejumlah rumah penduduk tertimpa pohon antara lain di Dusun Klepu, Daratan 2, Ngijon, Tiban, Nanggulan, Tobayan, Tegal Klagaran dan lainnya. Sejumlah pohon pinggir jalan juga roboh, tak kuat menahan kencangnya terpaan angin, seperti yang terjadi di timur Dusun Kwayuhan.

Pohon tumbang, di Timur Dusun Kwayuhan
Rumah Bapak Tukimin (Nanggulan)
Rumah Warga Tobayan yang tertimpa pohon


Tingkat kerusakan rumah pendudukan yang tertimpa pohon beragam. Beberapa hanya rusak ringan dengan genteng yang pecah. Tetapi ada juga yang persis tertimpa pohon, sehingga rusak cukup parah. Salah satu rumah yang tak luput dari pohon roboh ialah milik Tukimin di Dusun Nanggulan. Pohon munggur berukuran cukup besar menimpa rumahnya.

Sampai berita ini ditulis, tidak terdengar kabar adanya korban jiwa. Sejumlah relawan yang terdiri dari Taruna Siaga Bencana (Tagana), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KOKAM Muhammadiyah, Jalin Komunikasi Mandiri (JKM) dan warga masyarakat segera terjun ke lokasi bencana sehingga bisa segera memberikan pertolongan kepada para korban.

Antisipasi Dampak Cuaca Ekstrem

Menurut Badan Meteorologi dan Geofisikan (BMKG) puncak cuaca ekstrem akan berlangsung antara Februari – Maret 2018. Untuk itu masyarakat perlu mewaspadai dampak yang diakibatkan. Di antaranya dengan memangkas atau menebang pohon yang dikhawatirkan roboh dan membahayakan.


Menurut BMKG, hujan dan  angin kencang dengan kecepatan di atas 20 knot berpotensi terjadi di Laut Cina Selatan, Laut Natuna, Riau, Kepulauan Riau, Laut Jawa, Laut Banda, Samudra Hindia selatan Jawa Tengah-NTB, dan Laut Arafuru. [KM/03]
Sumber Gambar : Group Whatsapp
LihatTutupKomentar