-->

Anggota JKM, Ikuti Pelatihan Rehab Rekon di UGM

Kabare Minggir – Dengan rekomendasi dari Jalin Komunikasi Mandiri (JKM) dua orang warga dari Minggir mengikuti kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat dalam pelaksanaan rehabilitasi dan rekontruksi pasca bencana. Mereka adalah Tri Yuwono (Sendangagung) dan Wempi Danu Saputra (Sendangrejo). Kegiatan tersebut berlangsung di Departemen Teknik Sipil Sekolah Vokasi Universitas Gajah Mada (UGM), 31 Juli – 4 Agustus 2017 lalu.


Acara yang terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Sleman, khususnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman serta UGM tersebut diikuti oleh sekitar 30 peserta. Menurut keterangan yang Tim Kabare Minggir terima dari Tri Yuwana, materi antara lain tentang bangunan yang aman bagi penghuni bila terjadi bencana serta penerapan bahan bangunan yang sesuai.


Sumber Gambar: Tri Yuwana


Seperti diketahui, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan wilayah yang luas. Terletak di antara lempeng dunia yang berpotensi menghasilkan gempa bumi dan tsunami. Selain itu, juga menjadi negara dengan jumlah gunung api terbanyak, yang rentan dengan aktivitas volkanik. Untuk itu, pelatihan rehabilitasi dan rekonstruksi bangunan sangat dibutuhkan oleh masyarakat. [KM/03]

LihatTutupKomentar