-->

Dihajar Ratusan Truk, Jalanan Minggir Remuk



Banyak ruas jalan di Kecamatan Minggir yang rusak akibat dilewati truk yang melebihi kapasitas muatan. Berkah bahan galian di sepanjang sungai Progo berupa material pasir dan batu hanya dirasakan sebagian kecil kalangan. Dampaknya seperti musibah bagi banyak orang. Jalanan yang rusak parah, gorong-gorong yang ambles hanya menjadi sebagian dari dampak buruk lainnya berupa tebaran debu sepanjang jalanan.

Beberapa ruas yang tampak rusak parah meliputi, Jalan Kebonagung ke arah Sembuhan. Khususnya jalur barat yakni, Sawo – Nanggulan – Jomboran – Menyolan – Prapak Kulon – Mergan hingga Sembuhan. Sedangkan jalur di wilayah Tengahan sampai dengan Bekelan juga tampa beberapa mengalami pengelupasan dan terdapat lubang menganga yang sangat membahayakan pengguna kendaraan.

Ruas jalan di Minggir yang rusak


Ruas jalan di Minggir yang rusak


Ruas jalan di Minggir yang rusak


Ruas jalan di Minggir yang rusak


Seperti mengingatkan pada masa lalu, bagaimana kekayaan alam berupa rempah-rempah justru menjadi awal dari penjajahan bangsa asing yang dilakukan beratus tahun. Begitupun kekayaan berupa pasir dan batu di sepanjang sungai progo, hanya bisa dinikmati sebagian kecil orang dengan merugikan sebagian besar lainnya. Bayangkan, harga pasir bagi penduduk lokal pun nyaris tak ada bedanya, hampir menyentuh angka 500 ribu, padahal jarak dengan lokasi pengambilan tak sampai 5 km.


Tampaknya perlu orang-orang yang betul-betul peduli untuk mengatur agar kekayaan alam yang dimiliki Minggir tidak justru menyusahkan masyarakatnya sendiri. Peran perangkat pemerintahan mulai dari duku, kepala desa hingga camat sangat diperlukan. Kepada siapa masyarakat meminta tanggung jawab?
LihatTutupKomentar