Back To Top

Kabare Minggir – Universitas Indonesia (UI) Jakarta berhasil meriah peringkat terbaik sebagai perguruan tinggi di Indonesia berdasarkan pemeringkatan versi Webometrics 2020. Selain nomor satu di Indonesia, hasil publikasi Webometrics Ranking of World Universities 2020, menempatkan UI di urutan 10 Asia dan 766 dunia.


Capaian ini sekaligus berhasil menggusur Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang sebelumnya di posisi teratas. Di antara faktor yang mampu mengangkat performa UI adalah kemampuan mereka dalam membuka akses untuk publikasi ilmiah melalui jaringan internet sehingga mampu menjangkau masyarakat dunia.

Sehingga dalam peringkat dunia pun mereka mampu naik dari tahun sebelumnya di urutan 855 ke peringkat 766. Penilaian webometrics diukur dari empat indikator, yakni

Pertama, presence merupakan jumlah halaman website pada domain utama dan subdomain yang ada di universitas.

Baca Juga : Lima Merk Smartphone Terlaris di Dunia

Kedua, visibility, adalah berdasakan jumlah eksternal link unik yang tersambung ke domain web perguruan tinggi (inlinks) yang terekam mesin pencari (Google).

Ketiga yaitu Transparency/Openness atau jumlah kutipan dari 110 penulis teratas.

Keempat, yakni Excellence or Scholar, merupakan jumlah artikel publikasi ilmiah karya civitas akademika yang berhasil terindeks pada jurnal internasional dengan reputasi tinggi.

Berdasarkan hasil Webometrics 2020 selain UI, lima besar universitas lain yang berhasil masuk adalah UGM, Institut Teknologi Bandung, Institute Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Sebelas Maret Surakarta. [KM/04]

0 komentar:

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca