Back To Top

Kabare Minggir – PISEW Kecamatan Minggir Sleman, barangkali belum banyak yang mengetahui keberadaannya. PISEW merupakan singkatan dari Pengembangan Infrastruktur Sosial Ekonomi Wilayah. Program ini bertujuan untuk mengatasi ketimpangan infrastruktur khususnya yang berkaitan dengan pengembangan bidang ekonomi.

PISEW Kecamatan Minggir
PISEW Kecamatan Minggir

Kecamatan Minggir menjadi satu di antara Kecamatan yang memperoleh alokasi pembangunan PISEW. Kecamatan dengan luas sekitar 27 Km2 ini mendapatkan bantuan PISEW. Bangunan tersebut kini telah berdiri, berlokasi di bagian utara Lapangan Kebonagung. Terletak persis di jalur masuk Kabupaten Sleman dari arah barat.




Awalnya PISEW ini diharapkan mampu menjadi semacam etalase bagi beragam kerajinan yang ada di Kecamatan Minggir pada umumnya, dan Desa Sendangagung khususnya. Karena Desa Sendangagung dikenal sebagi sentra aneka kerajinan, baik kerajinan bambu, maupun kerajinan dengan bahan mendhong.

Tanaman Mendong merupakan satu di antara tanaman khas yang ditemuai di Kecamatan Minggir. Kebanyakan di Dusun Minggir 2 dan Dusun Plembon. Dari tenaman ini kemudian diolah menjadi aneka kerajinan seperti tikar, tas, taplak meja dan lainnya. Selain itu, Desa Sendangagung juga dikenal sebagai penghasil Parut Kelapa yang banyak diproduksi di Dudun Pojok.

Bangunan PISEW di Kecamatan Minggir

Dengan melihat banyaknya pengerajin di yang ada di Kecamatan Minggir maka dipandang perlu adanya sarana pemasaran yang bisa meningkatkan pendapatan pengerajin. Kemudian PISEW diwujudkan berupa bangunan showroom untuk produk Usaka Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang terdiri dari 2 lantai.

Bangunan tersebut dengan rincian 1 ruang seluas 4 x16 m digunakan untuk showroom, 1 buah kios berukuran 4 x 4, dan 1 los untuk lantai 2 seluas 4,5 x 26 m. Bangunan dilengkapi dan 3 toilet.

PISEW Diharapkan Memberi Manfaat 51 KK

Acuan spesifikasi berupa beton yaitu K250 atau setara dengan campuran 1 : 1,5 : 2,5. Pengerjaan dilakukan dengan swadaya masyarakat berupa penambahan untuk kanopi kios, penambahan, tanaman, cat, upah tenaga kerja penyempurnaan finishing bangunan, dan compound ember serta perataan tanah pada halaman depan.

Besar dana yang dialokasikan sejumlah Rp600 juta yang digunakan untuk pembangunan sarana pemasaran ini. Diharapkan PISEW bisa dimanfaatkan 51 KK yang berada di Kecamatan Minggir. PISEW Kecamatan Minggir ini telah selesai dibangun dan sudah diresmikan Camat Minggir dan pernah dikunjungi Anggota DPD RI dari DIY, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, istri Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwana X. [KM/05]



Foto : ciptakarya.pu.go.id

0 komentar:

Post a Comment

Paling Banyak Dibaca