-->

Menebar Faedah Ala Komunitas Inspiratif Laskar Jariyah


Laskar Jariyah merupakan komunitas yang dirintis Ustadz Bintara, seorang Guru SD. Terinspirasi dari sebuah kisah nyata yang dimuat Majalah El Fata. Diceritakan ada seorang yang mengalami kecelakaan hingga koma. Dalam perjalanan ke rumah sakit, lelaki tersebut menggumamkan ayat-ayat Alquran. Hingga ajal menjemput.

Wakaf Alquran Laskar Jariyah
Wakaf Alquran Laskar Jariyah
Seorang Polisi yang mengetahui peristiwa itu merasa penasaran sehingga mencari tahu sosok lelaki tersebut. Ternyata almarhum rajin menghafal Alquran, termasuk berteman lantunan dalam perjalanan di mobil. Kemudian juga rajin mewakafkan Alquran ke masjid dan mushalla. Di bagasi mobil yang dikemudikan saat kecelakaan terdapat banyak Alquran yang akan dibagikan.

Ustadz Bintara juga pernah mengalami sebuah musibah. Pada Mei 2018 ia mendampingi murid untuk kegiatan pemeliharaan tanaman langka di Cilacap yang berlokasi di pantai Sodong Cilacap. Tanpa diduga beberapa siswa tergulung ombak, spontan Ustadz Bintara memberikan pertolongan.

Tujuh siswa yang terseret ombak bisa diselamatkan. Namun Ustadz Bintara justru terbawa ke tengah laut. Dalam kepasrahan penuh dan berharap kepada Allah SWT. Seorang pemancing melemparkan kail dan mengenai baju Ustadz Bintara. Dan menjadi jalan bagi keselamatannya.


Laskar Jariyah juga terinspirasi dengan komunitas berbagi yang sudah ada sebelumnya, seperti Sedekah Rombongan dan Laskar Sedekah. Semula, kegiatan berbagi Alquran dilakukan sendiri oleh Ustadz Bintara. Kemudian timbul inisiatif untuk meningkatkan kegiatan agar memperbesar dampak positifnya.

Tanggapan awal cukup baik ditandai dengan terkumpulnya donasi untuk wakaf Qur’an. Pada Februari 2019, anggota grup bertambah menjadi 60-an orang. Donasi yang terkumpul pun semakin banyak, sebanyak tiga kali lipat dibanding awal 2019. Ke depan, Laskar Jariyah bertekad untuk semakin profesional dan berupaya mendapat status legal formal dari Kementerian Hukum dan HAM. Sekaligus menjunjung tinggi transparansi dan akuntabilitas donasi yang dikelola agar bisa dipertanggungjawabkan kepada publik. [KM/03]

Profil Laskar Jariyah
Alamat : Getas Tlogoadi Mlati Sleman
Telepon : 0877-2773-9227
Website : www.laskarjariyah.com
FP Facebook : Laskar Jariyah


Terbuka bagi donatur untuk beramal jariyah. Silakan bisa transfer uang melalui Rekening Bank Syariah Mandiri 7126387959 atas nama Nurul Hidayati. Untuk konfirmasi donasi melalui WA 081-931-744-897.

LihatTutupKomentar