-->

Delapan Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia


RerasanMeski secara de facto Kemerdekaan Indonesia telah diproklamasikan pada Bulan Ramadhan 17 Agustus 1945, tetapi tidak lantas negara lain mengakuinya. Penjajah Belanda masih ingin terus mengeruk kekayaan Indonesia. Maka mereka malukan berbagai lobi dan propaganda kepada internasional agar tidak mengakui kemerdekaan Indonesia.

KH. Agus Salim Bersama Para Diplomat
KH. Agus Salim Bersama Para Diplomat

Negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Mesir. Sebuah negara yang masuk kawasan Timur Tengah. Negara yang secara bersamaan mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Palestina, seperti ditulis dalam buku Diplomasi Revolusi Indonesia di Luar Negeri tulisan M. Zein Hassan Lc. (Ketua Pusat Perkumpulan Kemerdekaan Indonesia)


Rakyat Mesir dimotori oleh para pegiat di Ikhwanul Muslimin terus melakukan dukungan kepada Indonesia. Mereka menggalan kekuatan melalui opini di media massa maupun turun langsung dengan melakukan demonstrasi ke kedutaan Belanda yang ada di Kairo Mesir. Karena kewalahan, bahkan kedutaan Belanda menurunkan bendera mereka dan mencopot plakat kedutaan. Derasnya dukungan rakyat Mesir menjadi satu di antara pertimbangan negara itu kemudian mengakui kemerdekaan Indonesia.

Negara berikutnya yang mengakui kemerdekaan Indonesia adalah Syria (Suriah), Iraq, Lebanon, Yaman, Arab Saudi dan Afghanistan. Kemudian disusul oleh pengakuan Dewan Liga Arab. Terlihat peran dan dukungan yang sangat kuat dari Negara-Negara Arab untuk kemerdekaan Indonesia. Maka sangat disayangkan jika pada akhir-akhir ada semacam propaganda untuk menjelekan citra negara Arab. [KM/08 || dari berbagai sumber]

LihatTutupKomentar