-->

Festival Ramadan MIN 1 Yogyakarta Berlangsung Meriah

KabareMinggir - Dalam rangka menyemarakkan kegiatan Ramadan 1445 H, Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Yogyakarta (MINSATA) menggelar berbagai program. Program Ramadhan MINSATA tahun ini mengusung tema “Ramadhan BERKESAN (berkah dan banyak kesan)”. Berbagai kegiatan telah disiapkan dan dilaksanakan seperti Kajian Ramadhan secara virtual, Simaan Al Quran oleh siswa tahfidz, Tahsinul Qur’an, Bimbingan Ibadah di dalam kelas, Gerakan infak dan Cinta Anak Yatim, Festival Ramadhan, Pesantren Ramadhan dan Buka Bersama di Madrasah.



Festival Ramadan dibuka secara resmi oleh kepala madrasah pada hari Selasa pagi tanggal 26 Maret 2024. Dalam sambutannya Hanik Nurul Hidayah memotivasi seluruh siswa untuk semangat berkreasi dan berkompetisi. Dengan semangat “Fastabiqul Khoirot” tunjukkan kemampuan kalian. Semangat Ramadhan akan menumbuhkan pribadi yang kuat dan berprestasi.


Festival Ramadhan ini diikuti oleh perwakilan siswa terbaik dari masing-masing kelas, mulai kelas 1 abc hingga kelas 5abc. Sementara siswa kelas 6 tengah berjuang dalam agenda Tes Pendalaman materi ASPD tingkat kota Yogyakarta. Festival yang berlangsung selama dua hari Selasa sampai Rabu tanggal 26 - 27 Maret 2024 ini mengusung tujuh macam lomba yaitu:


1. PILDACIL dengan pilihan beberapa tema di antaranya Bulan Ramadan, Semangat Mencari Ilmu, Birrul Walidain, dan Nabi Muhammad Teladanku.
2. TARTIL dengan maqro' surat Al-Baqarah ayat 183-184.
3. MENYANYI dengan pilihan lagu antara lain "Marhaban Ya Ramadan", "Sholawat Busyro", "Alamete Anak Sholih", dan "Walisongo".
4. KALIGRAFI dengan materi kalimat thayyibah.
5. ADZAN yang dilombakan adalah kategori adzan Shubuh.
6. OLIMPIADE AL-QUR'AN dengan materi juz 30 (Surat An-Naba' sampai Surat An-Nas).
7. PUITISASI dengan judul "Bila Masa Telah Bergilir" dan "Pujian Berbingkai Doa".

Dengan beragamnya kegiatan Festival Ramadan MINSATA 2024 diharapkan dapat memperkuat nilai-nilai keagamaan, semangat berkreasi dan kebersamaan seluruh peserta didik MINSATA. Acara ini juga menjadi wadah untuk menumbuhkan minat dan bakat serta meningkatkan pemahaman terhadap nilai-nilai Islam dalam kehidupan sehari-hari sekaligus sebagai momentum menemukan bibit-bibit potensi unggul yang dapat menjadi delegasi terbaik dari MIN 1 Yogyakarta dalam berbagai ajang lomba luar madrasah. Semoga Festival Ramadan ini menjadi momen yang berkah dan berkesan bagi seluruh peserta dan dapat memperkuat ukhuwah Islamiyah di lingkungan MINSATA Yogyakarta. (gyt)

LihatTutupKomentar