-->

Kepala Kemenag Kota Yogyakarta Sampaikan Tujuh Outlook Hasil Rakernas

KabareMinggir.com – Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta menggelar rapat kerja (Raker) tahun 2024 di Aeon Hotel Sleman, Rabu-Kamis (21-22/2/2024). Raker mengusung tema Transformasi Kementerian Agama Menuju Indonesia Emas 2045.



Acara dibuka langsung Kepala Kemenag Kota Yogyakarta, H. Nadhif, S.Ag. M.S.I. Dalam pengarahannya Nadhif menyampaikan tujuh program outlook Kementerian Agama hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas), berupa ekosistem moderasi beragama yang ekspansif, meneguhkan politik kebangsaan, memenangkan pertarungan digital, menyajikan layanan digital keagamaan yang premium dan terjangkau, mengusung layanan pendidikan yang inovatif dan transformatif, smart ASN menjawab kebutuhan era digital, dan mengotimalkan dana umat untuk pengentasan dan pemberdayaan.

Terkait moderasi beragama, Nadhif mengajak agar nilai-nilai moderasi beragam tidak hanya untuk internal ASN Kementerian Agama tetapi bisa menjangkau lebih banyak masyarakat. “Moderasi beragama yang ekspansif tidak lagi sebatas ASN Kemenag tetapi juga berbagai instansi lainnya,” jelasnya.

Ia pun berharap agar rapat kerja kali ini tidak sekadar sebagai formalitas dan seremonial, tetapi bisa mengahasilkan kesepakatan-kesepakatan yang menjadi acuan dalam pelaksanaan program selama tahun 2024. Menurutnya setidaknya ada tiga tantangan dalam pelaksaan program tahun ini. “Pelaksanaan program tahun 2024 ini dibatasi waktu, anggaran dan harus mampu bersinergi dengan berbagai elemen pemertintah dan masyarakat,” ungkapnya.

Sebelumnya Ketua panitia yang juga Kepala Sub Bagian Tata Usaha, H. Ahmad Mustafid, S.Ag. M.Hum. melaporkan rapat kerja diikuti 58 peserta, pejabat eselon IV, Kepala Madrasah, Kepala KUA se-Kota Yogyakarta, Kepala TU, Jabatan Fungsional (Jabfung) serta perwakilan penyusun masing-masing unit kerja. [rls]

LihatTutupKomentar