-->

Apel Pagi, Kasi Dikmad Ingatkan Kembali Tiga Pusat Pendidikan

KabareMinggirKepala Seksi Pendidikan Madrasah, Elfa Tsurroya, S.Ag, M.Pd.I menjadi pembina apel pagi, Senin (16/1/2023). Dalam amanatnya ia mengajak untuk mengingat kembali tri pusat pendidikan yakni madrasah/sekolah, keluarga dan masyarakat. Menurutnya tiga komponen ini harus bersinergi untuk mencapai tujuan pendidikan. 




"Mari kita ingat kembali tripusat pendidikan yang dicetuskan Ki Hajar Dewantara, yakni madrasah (sekolah) keluarga dan masyarakat. Sedangkan pada madrasah juga terdapat tripusat pendidikan yakni guru dan tenaga kependidikan, wali murid dan komite," ujar Elfa. Menurutnya masing-masing punya tugas dan fungsi yang tidak bisa diabaikan.


Berkaitan dengan rangkaian Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama, Elfa menyebut bukan hanya ceremony. Ia mencontohkan kegiatan jalan sehat kerukunan yang dilakukan juga diadakan deklarasi kerukunan antar umat beragama. "Kerukunan sesuatu yang dinamis dan fluktuatif, maka perlu untuk menjaga dan merawatnya bersama-sama. Apalagi tahun 2023-2024 tahun politik, maka penting untuk menjaga komitmen kerukunan," imbuh Elfa.


Kegiatan apel pagi rutin digelar setiap hari Senin pagi berlangsung di halaman Kantor Kementerian Agama Kota Yogyakarta. Selain diikuti para pejabat dan pegawai, apel pagi juga diikuti para mahasiswa yang sedang melakukan PKL di lingkungan Kemengan Kota Yogyakarta. [rls]

LihatTutupKomentar