-->

Tips Memilih Hotel di Samarinda

Samarinda merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Timur yang terus berkembang. Sejumlah hotel di Samarinda juga terus berkembang dan menyajikan layanan terbaik. Dengan akses transportasi, terutama melalui pesawat dengan beragam jalur penerbangan yang tersedia, kini berkunjung ke Samarinda bukan menjadi hal yang sulit. Sejumlah maskapai penerbangan telah membuka rute menuju Bandara Aji Pangeran Tumenggung (APT) Pranoto di Samarinda.

tips memilih kamar hotel
Kamar Hotel (pixabay.com)

Selain fasilitas transportasi, hotel dan penginapan di Samarinda terus bermunculan. Siap menyediakan layanan terbaik untuk wisatawan. Bagi Anda yang ingin berlibur dan menginap di Samarinda tidak perlu khawatir karena bisa memilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan.

Untuk memastikan Anda mendapatkan hotel yang tepat, berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

1. Pertimbangkan Lokasi. Memilih lokasi yang sesuai akan menghemat banyak waktu dan biaya. Sebelum booking hotel, Anda bisa mengukur dengan jarak lokasi-lokasi yang akan dikunjungi. Apalagi jika Anda akan berlibur tidak hanya dalam satu atau dua hari. Akses transportasi yang tersedia juga patut menjadi pertimbangan dalam memilih lokasi hotel.

2. Pilih harga terbaik. Memperhatikan tarif yang ada dengan bujet yang disiapkan. Kini dengan mudah bisa Anda cek melalui berbagai aplikasi yang ada. Atau bisa langsung melihat website dari hotel bersangkutan. Anda bisa membandingkan sebelum mengambil keputusan.

3. Menentukan waktu. Dalam penentuan waktu, perlu dengan cermat. Pada saat libur panjang biasanya harga hotel akan naik. Bahkan terkadang banyak penginapan sehingga hotel-hotel penuh.

4. Perhatikan review. Banyak orang-orang baik yang bersedia memberikan review atas layanan hotel yang mereka terima. Meski tidak semua obyektif, namun patut untuk menjadi bahan pertimbangan. Anda bisa membacanya di berbagai aplikasi, ataupun yang paling mudah dengan melihat review yang ada di Google.

5. Manfaatkan promo. Pada waktu-waktu tertentu sejumlah hotel, atau aplikasi penyedia layanan hotel mengadakan promosi dengan memberikan diskon atau layanan tambahan. Anda bisa memilih berbagai promo yang ada.


Beragam Destinasi Wisata di Kalimantan Timur

Tidak hanya kekayaan budaya dan sumber daya alam saja. Tetapi Kalimantan Timur juga menyimpan sejumlah destinasi wisata memikat yang layak untuk dikunjungi. Anda bisa menikmati waktu berwisata bersama keluarga tercinta dengan memilih beberapa lokasi wisata berikut.

  1. Desa Budaya Pampang. Merupakan desa yang dihuni oleh Suku Dayak, suku asli Kalimantan. Hingga kini Desa Pampang masih menjaga ada istiadat tradisional. Mulai dari rumah khas Suku Dayak, Lamin. Hingga kehidupan keseharian para penduduknya, termasuk model pakaian yang mereka kenakan. Jika ingin mengenal budaya asli Samarinda, atau Kalimantan pada umumnya, Anda bisa datang ke Desa Budaya Pampang.
  2. Pulau Kumala. Meskipun disebut pulau, namun lokasinya tidak di tengah laut melainkan di tengah Sungai Mahakam. Pulau Kumala merupakan delta dari Sungai Mahakam yang dikelola sejak tahun 2000-an. Selain menikmati keindahan alam pengunjung juga disuguhi aneka permainan yang cocok untuk anak-anak maupun orang dewasa.
  3. Kebun Raya Unmul. Merupakan kebun raya yang semula menjadi bagian Universitas Mulawarman (Unmul). Dinamakan demikian karena pada masa lalu kebun raya ini merupakan hutan konservasi milik Universitas Mulawarman. Selain menikmati suasana hutan asli, di sini pengunjung akan bisa menikmati hewan asli Indonesia yang sangat terkenal, Orangutan. 
  4. Air Terjun Pinang Seribu. Letaknya di Kecamatan Samarinda Kota Samarinda sehingga tidak terlalu jauh dari pusat kota. Selain menikmati kesejukan alam, pengunjung juga bisa menjajal wahana yang ada seperti sepeda air dan sebagainya.
  5. Pulau Beras Basah. Lokasinya tidak di Samarinda melainkan di Bontang. Namun destinasi ini layak Anda kunjungi karena menawarkan pemandangan laut yang memikat. Pantainya yang indah dihiasi pasir dan nyiur melambai bisa menghadirkan pemandangan yang memikat di pesisir Laut Bontang.

Selamat menikmati wisata di Samarinda!


LihatTutupKomentar