-->

Klarifikasi Bibit Gratis dari BPDASHL Serayu Opak Progo

Beberapa waktu ini beredar kabar melalui Whatsapp tentang penyediaan bibit gratis dari Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Dan Hutan Lindung Serayu Opak Progo. Jalan Gedongkuning Nomor 172 A Yogyakarta 55171, Telp. (0274) 370540, Fax. (0274) 375834.

Klarifikasi Bibit Gratis dari BPDASHL Serayu Opak Progo


Menanggapi kabar tersebut BPDASHL melalui Pengumuman Nomor : PG. 02/BPDASHL.SOP/EV/ DAS.2/7/2020, Tentang Program Bibit Gratis. Menindaklanjuti beredar luasnya informasi mengenai Program Bibit Gratis dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang di dalamnya terdapat beberapa informasi kurang tepat mengatasnamakan BPDASHL Serayu Opak Progo, maka dengan ini kami sampaikan beberapa informasi tambahan sekaligus klarifikasi atas program tersebut, sebagai berikut:

1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui BPDASHL Serayu Opak Progro setiap tahun memproduksi bibit-bibit berkualitas yang dibagikan secara gratis kepada masyarakat di wilayah kerja, meliputi:

A. Daerah Istimewa Yogyakarta
1) Kab. Gunungkidul
2) Kab. Bantul
3) Kab. Sleman
4) Kab. Kulon Progo
5) Kota Yogyakarta
B. Provinsi Jawa Tengah
1) Kab. Purworejo
2) Kab. Kebumen
3) Kab. Magelang
4) Kota Magelang
5) Kab. Temanggung
6) Kab. Wonosobo
7) Kab. Banjarnegara
8) Kab. Purbalingga
9) Kab. Banyumas
Program bibit gratis ini untuk mendukung program penghijauan lingkungan, meningkatkan keberhasilan rehabilitasi hutan dan lahan, serta meningkatkan perekonomian masyarakat dari sektor kehutanan.



2. BPDASHL Serayu Opak Progo tahun 2020 memproduksi bibit tanaman sebanyak 400.000 batang, yang terdiri dari:

A. Jenis tanaman bernilai ekonomi tinggi
Jati, Sengon, Jabon, Sonokeling, dan Ganitri

B. Jenis tanaman bemilai ekologi / konservasi
Gayam, Aren, Trembesi, Cemara Udsmg, Bambu, dan Vetiver

C. Jenis tanaman bemilai estetika
Pucuk Merah, Ketapang Kencana, Tabebuya, dan Saputangan

D. Jenis tanaman kategori Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) / buah-buahan
Durian, Sirsak, Alpukat, Jambu Biji, J e m k , Srikaya, Kelengkeng, Mangga,
Nangka, Petal, Rambutan, Duku, dan Makadamia

Produksi bibit-bibit tersebut terbagi di dua lokasi persemaian, yaitu:
1) Persemaian Permanen Bunder Komplek Tahura Bunder, KPH Yogyakarta Rest Area Bunder ke timur ±1 Km, Gading, Playen, Gunungkidul Narahubung : Sdr. Yudi 082233492777

2) Persemaian Banjamegara Komplek Politeknik Banjamegara Jalan Raya Kcntcng - Madukara Km. 2, Desa Kentcng, Kec. Banjamegara, Kab. Banjamegara Narahubung : Sdr. Novan 082136462406

3. Bagi masyarakat yang berdomilisi atau memiliki lahan di wilayah kerja BPDASHL Serayu Opak Progo, dapat mengajukan permohonan bibit gratis kepada BPDASHL Serayu Opak Progo, baik secara perseorangan maupun atas nama kelorapok / desa / organisasi / instansi / lembaga lainnya. 
Bibit juga bisa dimanfaatkan u n t u k kegiatan massal yang berhubungan dengan lingkungan, misal KKN tema lingkungan, gerakan penghijauan suatu lokasi, atau kegiatan lain yang sejenis. 

Pelayanan permohonan bibit gratis setiap hari Benin - Jumat, 08.00 - 15.00.

Untuk hari Sabtu, hanya melayani pengambilan atas nama kelompok dan mohon untuk konfirmasi terlebih dahulu.

4. Persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bibit gratis sebagai berikut:
  • Syarat Administrasi
  • Copy Kartu Identitas
  • Surat Permohonan Pengesahan Desa
  • Koordinat / Sketsa lokasi penanaman

5. Setiap permohonan baik perseorangan maupun kelompok hams mengajukan kombinasi jenis tanaman yang diminta, tidak bisa hanya mengajukan jenis tanaman HHBK / buah-buahan saja.

6. Untuk permohonan atas nama kelompok, surat permohonan ditujukan kepada: Kepala BPDASHL Serayu Opak Progo, dengan alamat kantor sebagaimana tertera di kop surat. Proses pembalasan surat sekitar 1 minggu. Jika surat sudah dibalas, bibit diambil di lokasi persemaian terdekat.

7. Untuk permohonan dengan KTP, bisa langsung datang ke lokasi persemaian dan akan dipenuhi permohonannya dengan mempertimbangkan ketersediaan jenis dan jumlah bibit yang tersedia di masing-masing persemaian.

Demikian agar menjadi perhatian, dan kami ucapkan terima kasih.
Yogyakarta, 3 Juli 2020


LihatTutupKomentar