-->

Pendaftaran Sekolah Kedinasan Rencana Diumumkan 1 Juni 2020

Pendaftaran sekolah kedinasan menurut rencana akan resmi diumumkan pada 1 Juni 2020. Setelah sebelumnya sempat mengalami penundaan akibat wabah Covid-19 yang terjadi di Indonesia.

kuliah perguruan tinggi kedinasan


Sekolah kedinasan banyak diminati masyarakat, selain terdapat sejumlah beasiswa selama pendidikan. 

Lihat Surat MenPANRB Tentang Rencana Pembukaan Pendaftaran Sekolah Kedinasan klik di sini

Lulusan perguruan tinggi kedinasan juga akan langsung disalurkan ke berbagai instansi dan diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil. Sehingga dengan sekali tes masuk sudah memperoleh peluang belajar dengan beasiswa sekaligus peluang diterima sebagai PNS.

Tidak heran jika persaingan di Sekolah Tinggi Kedinasan sama ketatnya dengan seleksi masuk menjadi PNS.

kuliah perguruan tinggi kedinasan
stis.ac.id

Pada tahun 2020 ini terdapat setidaknya 26 Perguruan Tinggi Kedinasan yang siap menerima mahasiswa/taruna baru pada tahun ajaran 2020/2021. Sejauh ini Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) belum tersiar rencana akan menerima mahasiswa baru.

Menurut rencana kepastian pembukaan Pendaftaran Sekolah Kedinasan akan dimumkan mulai tanggal 1 Juni 2020 dengan menyesuaikan kondisi saat ini yang masih dalam status tanggap darurat non bencana pandemi Covid-19 atau Virus Corona.

Pendaftaran peserta seleksi masuk Sekolah Kedinasan dibuka tanggal 8 juni 2020 sampai dengan 23 juni 2020 menyesuaikan status tanggap darurat non bencana pandemi covid-19.

Setelah resmi diumumkan, para calon mahasiswa/taruna, informasi tentang pendaftaran kuliah kedinasan melalui situs atau web sekolah kedinasan yang sudah disediakan yakni https://dikdin.bkn.go.id

Bagi para pendaftar yang lolos seleksi administrasi akan mengikuti seleksi kemampuan dasar (SKD) yang menurut rencana akan digelar pada Bulan Juli 2020. Menyesuaikan kondisi tanggap darurat Covid-19.

Sedangkan para calon mahasiswa yang lolos SKD akan mengikuti seleksi lanjutan yang format dan jadwal pelaksanaannya diatur masing-masing sekolah kedinasan yang bersangkutan.

Kuliah kedinasan selain memberikan peluang karir yang bagus, juga memiliki tantangan tersendiri. Karena beberapa sekolah kedinasan menerapkan standar nilai minimal tertentu sehingga mahasiswa harus mampu meraihnya.


Tata Cara Pendaftaran Sekolah Kedinasan

  • Pelamar mendartarkan diri melalui web perndaftaran sekolah kedinasan di https://sscasn.bkn.go.id/ 
  • Membuat akun di SSCN sekolah kedinasan tahun 2020 sampai selesai dan cetak kartu informasi akun.
  • Masuk ke https://sscasn.bkn.go.id/ menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK)/Nomor KTP dan masukan passwprd sesuai yang didaftarkan.
  • Mengunggah swafoto/foto selfie serta melengkapi data yang diperlukan, sesuai pilihan sekolah kedinasan yang dituju.
  • Masing-masing sekolah kedinasan memiliki tata cara dan alur yang mungkin berbeda, sehingga pelamar harus jeli dan teliti ketika mendaftarkan diri.
  • Setelah semua data lengkap, cek resume, apabila sudah yakin data yang diisikan benar dan lengkap 

sekolah kedinasan;
sumber: bkn.go.id

  • Silakan cetak Kartu Pendaftaran SSCN Sekolah Kedinasan
  • Pelamar yang lolos seleksi administrasi akan mendapatkan pemberitahuan kode pembayaran.
  • Tata cara pembayaran bisa dilihat di website sekolah kedinasan yang telah dipilih
  • Setelah proses pembayaran selesai dan terverivikasi makan pelamar dapat mengunduh/mendownload Kartu Ujian Sekolah Kedinasan.
  • Selanjutnya pelamar akan mengikuti seleksi yang diperlukan, seperti Seleksi Kompetensi Dasar (SDK) dengan sistem CAT, dan seleksi lanjutan sesuai kebijakan dengan perguruan tinggi kedinasan masing-masing.
  • Setelah semua tahapan dilalui, panitia akan mengumumkan hasil melalui website SSCN. Pelamar bisa mengecek hasil seleksi melalui akun masing-masing. Atau bisa juga diumumkan di web sekolah kedinasan.

Cara Membuat Akun SSCN BKN

Silakan simak video tutorial berikut




Semoga bermanfaat. [KM/03 | bkn.go.id]

LihatTutupKomentar