-->

Profil Desa Sendangrejo Minggir Sleman

sumber: imgrum.net


A. KONDISI UMUM WILAYAH

Pada mulanya Desa Sendangrejo merupakan wilayah yang terdiri dari 4 kelurahan, yaitu Kelurahan Nyangkringan, Tobayan, Nglengking, dan Ngagul Agulan

Berdasarkan Maklumat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang diterbitkan tahun 1946 mengenai Pemerintahan Kelurahan, maka empat kelurahan tersebut kemudian digabung menjadi satu desa yang otonom dengan nama Desa Sendangrejo yang secara resmi ditetapkan berdasarkan Maklumat Nomor 5 Tahun 1948 tentang Perubahan Daerah-daerah Kelurahan.

Desa Sendangrejo termasuk dalam wilayah administrasi kecamatan Minggir  , Kabupaten Sleman, Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Wilayah Desa Sendangrejo terletak dikawasan pedesaan.

B. LUAS DAN BATAS WILAYAH
Luas wilayah Desa Sendangrejo sebesar 889.7480 Ha. Luas wilayah itu terdiri dari :
Sawah : 30.5142 ha
Tegal : 137.3503 ha
Pekarangan : 678.4047 ha
Lain-lain : 43.4758 ha
Dengan batas wilayah memanjang, dengan batas-batas sebagai berikut :

Batas Utara : Desa Sendangsari
Batas Timur : Desa Margokaton, Seyegan
Batas Selatan : Desa Sendangarum
Batas Barat : Sendangsari
Jalan yang menghubungkan antara daerah dari Desa Sendangrejo bisa dikatakan sudah cukup baik dan ditunjang dengan adanya sarana transportasi yang memadai, sehingga hal ini berguna bagi kelancaran arus lalu lintas, juga perhubungan dan komunikasi yang mendukung perkembangan, serta dinamika pemerintahan desa. Dengan demikian warga masyarakat tidak mengalami kesulitan dalam melakukan aktivitas social ekonomi.

C. ORBITASI/JARAK DENGAN PUSAT PEMERINTAHAN
Secara geografis letak Desa Sendangrejo terhadap pusat-pusat kota dan pemerintahan relatif dekat sebagai berikut :
Jarak dari Ibu Kota Negara : 630 Km.
Jarak dari Daerah Kota Propinsi : 25,5 Km.
Jarak dari Daerah Kota kabupaten Sleman : 10 Km.
Jarak dari Kecamatan  : 2,5 Km.
D. KEADAAN TANAH
Secara umum tanah di desa Sendangrejo tergolong tanah subur, hal ini bisa dilihat dari adanya lapisan humus dalam tanah yang cukup tebal dan dapat kita buktikan dengan tanaman di sawah dengan hasil cukup baik. Warga masyarakatnya desa Sendangrejo sebagian besar bercocok tanam padi. Namun karena perkembangan zaman untuk pengembangan daerah pemukiman, sehingga sawah-sawah berubah menjadi bangunan perumahan dan pertokoan. Akhirnya tanah persawahan menjadi menyempit, walaupun demikian pertanian dan petani dalam arti bercocok tanam padi masih tetap eksis.
E. KEADAAN IKLIM
Di lihat dari iklim, maka desa Sendangrejo, Kecamatan Minggir, Kabupaten Sleman merupakan dataran rendah dengan ketinggian tanah dari permukaan laut 150 mdpl, dengan suhu rata-rata 26 sampai dengan 32 derajat celcius, dengan curah hujan rata-rata 2704 mm/tahun.
F. KEADAAN AIR
Keadaan air di wilayah desa Sendangrejo cukup memadai karena terdapat aliran selokan Van Derwijk,  sehingga ini merupakan sumber pengairan bagi pertanian di desa Sendangrejo. Untuk keperluan pemakaian air minum sebagian besar masyarakat menggunakan sumur gali dan sumur pompa sertta berlangganan PDAM.
G. PEMBAGIAN WILAYAH
Selanjutnya desa Sendangrejo terdiri dari  16 padukuhan,  dusun-dusun itu sebagai berikut:
Botokan
Butuhan
Jaten
Jonggrangan
Kedungprahu
Ngagul Agulan
Ngaranan
Ngepringan II
Ngepringan IV
Nglengking
Balangan
Padon
Sidomulyo/Jarakan
Soronandan
Sunggingan
Tobayan


Sumber: desasendangrejo.wordpress.com
LihatTutupKomentar