-->

Berburu Kerajinan Bambu di Desa Brajan



Desa wisata Brajan terletak di Sendangagung Minggir Sleman Yogyakarta. Asal mula desa ini diambil dari nama Kyai Brojo Setiko yang merupakan cikal bakal atau orang yang pertama menetap di desa tersebut. Walaupun Brajan hanya sebuah desa kecil, namun masyarakatnya telah memiliki karya yang tidak hanya dikenal di Indonesia, namun juga telah menembus pasar internasional. Karya yang khas dari desa ini adalah kerajinan bambu.

www.bambubrajan.com


Di desa Brajan sebagai besar penduduknya bermatapencaharian sebagai perajin bambu. Awalnya jenis kerajinan yang dihasilkan tidak banyak, hanya berupa besek dan ceting tempat nasi. Namun seiring dengan perkembangan jaman kerajinan bambu mengalami deversifikasi hingga saat ini telah menghasilkan lebih dari 110 jenis kerajinan bambu.

Kerajinan bambu inilah yang membawa Desa Brajan menjadi lebih berkembang dan sampai saat ini diakui sebagai desa wisata. Wisatawan dapat berkunjung untuk mempelajari karya-karya kerajinan dari bambu, sekaligus dapat membeli oleh-oleh hiasan dan kerajinan dari bahan dasar bambu khas desa Brajan.

Selain kerajinan dari bambu, Brajan juga memiliki kesenian yang menjadi potensi wisata. Kesenian tersebut antara lain adalah Kuntulan (seni religius Islami). Campursari, Kerawitan, Cokekan, Shalawatan. Dan juga keindahan alam pedesaan yang masih alami dan keramahan masyarakatnya akan menjadi pengalaman tersendiri bagi para wisatawan.

Dengan tinggal di Brajan para wisatawan diajak untuk menikmati eksotisme dan kenyamanan suasana yang alami di pedesaan. Akses menuju lokasi pun juga mudah karena jalan dapat diakses mudah dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

www.bambubrajan.com


Potensi Wisata Andalan di Brajan

Wisata Kerajinan Bambu
Brajan merupakan desa wisata kerajinan yang telah terdaftar sejak tahun 2002. dengan mengunjungi desa wisata brajan, anda akan mendapatkan pengalaman menganyam bambu langsung bersama pengrajin, berbelanja di show room kerajinan bambu dengan harga yang sangat terjangkau, melihat demo kerajinan bambu serta masih banyak lagi hal-hal yang berhubungan dengan pembuatan kerajinan bambu yang tidak akan anda temui di desa wisata lainnya.


Wisata Kesenian
Kesenian merupakan salah satu potensi yang berkembang di Brajan, beberapa diantaranya adalah kesenian kuntulan yang merupakan salah satu dari kesenian religius islam yang berkembang dari daerah pesisir dan dimodifikasi menjadi kuntulan tersendiri yang menjadi khas dari brajan, selain kuntulan ada pula kesenian lain seperti sholawatan, cokekan dan campursari.



Wisata Alam
Pemandangan alam yang luar biasa di desa Brajan, menjadi salah satu objek wisata tersendiri yang tidak terlupakan oleh para wisatawan yang pernah berkunjung ke brajan. sawah yang luas, serta deretan bukit yang terlihat dari kejauhan akan menemani anda ketika melakukan kegiatan-kegiatan yang ditawarkan oleh paket wisata brajan seperti atraksi wiwitan, menanam padi dan menangkap ikan atau pakecehan


sumber: bambubrajan.com
LihatTutupKomentar