-->

5 Kuliner Malam Jogja di Sekitar Malioboro


Kuliner malam Jogja di sekitar Malioboro cukup beragam. Tersedia menu yang bervariasi. Mulai dari menu khas Jogja seperti Gudeg, maupun menu kekinian khas Jogja seperti Jogja Scrummy milik Dude Herlino. Semuanya tersedia di seputaran Malioboro.

kuliner malam jogja
Gudeg Jogja (www.gudegbulies.com)

Yogyakarta dikenal sebagai kota pariwisata sekaligus kota budaya. Obyek wisata yang ada di Kota Gudeg ini bermacam-macam. Di utara terdapat Kabupaten Sleman yang memiliki wisata alam berupa daerah dataran tinggi seperti di Kaliurang Lereng Merapi, atau Tebing Breksi di Prambanan. Kabupaten Gunungkidul, Bantul dan Kulon Progo dikenal dengan keindahan daerah Pantainya.

Sedangkan Kota Yogyakarta menyimpan daya tarik wisata sejarah dan budaya seperti Kraton dan Pura Pakualaman, serta obyek wisata edukasi semacam Taman Pintar dan Kebun Binatan Gembira Loka. Tidak ketinggalan Malioboro sebagai destinasi wisata andalan.

Kuliner Malam di Yogyakarta

Berkunjung ke Malioboro, wisatawan tidak akan khawatir untuk urusan makan. Karena di sini tersedia wisata kuliner yang siap melayani 24 jam. Berikut Tim Kabare Minggir mengulas tempat kuliner malam di Yogyakarta yang berlokasi tidak jauh dari Jalan Malioboro.

1.     Bakmi Jawa Pak Pele Alun-alun Utara

Lokasinya di bagian tenggara alun-alun utara Yogyakarta. Bakmi legendaries ini menyediakan bakmi godhog maupun bakmi goreng. Meskipun menggunakan telur bebek, tetapi dengan pengolahan yang pas, amis telur bebek nyaris tidak terasa. Bakmi Jawa Pak Pele mulai bukan sekitar maghrip sampai jam sebelas malam.

2.     Angkringan Kopi Jos Utara Stasiun Tugu

Angkringan ini berlokasi di bagian utara Jalan Malioboro. Di seberang utara rel kereta api. Layaknya angkringan lainnya, tempat kuliner malam ngehits ini menyediakan aneka menu seperti nasi kucing, gorengan, dan sebagainya.

Menu khas berupa kopi jos. Kopi yang dibuat dengan air mendidih kemudian dimasukkan arang bakar. Bunyi ‘jos’ menjadi khas saat membuat minuman ini. Anda bisa menikmati suasana malam di Yogyakarta sembari duduk lesehan.

3.     Oseng Mercon Bu Narti

Berjalan ke arah barat dari Kantor Pos Yogyakarta, tepatnya di sebelah barat RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, terdapat tempat kuliner yang ngehits. Namanya Oseng Mercon Bu Narti.

Menu yang disediakan kikil, gajih, kulit dan tulang muda. Tentu saja diracik dengan bumbu pedas bahkan super pedas. Oseng mercon Bu Narti buka mulai jam 5 sore sampai jam 02.00 dini hari. Harga yang tersedia cukup terjangkau, sekitar Rp 15.000 per porsi.

4.     Gudeg Bu Lies Wijilan

Wijilan terletak di timur alun-alun utara. Daerah ini menjadi sentra bagi kuliner gudeg. Satu di antara yang terkenal adalah Gudeg Bu Lies. Anda bisa menikmati kekhasan Gudeg dengan krecek, telur, ayam, tahu dan lainnya dengan masakan penuh bumbu tradisional.

Satu di antara kelebihan Gudeg Bu Lies adalah menyediakan Gudeg yang sudah diolah dan awetkan dalam kaleng sehingga bisa menjadi buah tangan yang tahan lama.

5.     Jogja Scrummy Malioboro

Jogja Scrummy merupakan jajanan kekinian di Yogyakarta milik artis Dude Herlino. Makanan ini berupa paduan antara brownis kukus dengan puff pastry. Kemudian divariasikan dengan aneko toping.

Untuk mendapatkan Jogja Scrummy Anda bisa mengunjungi Outlet Malioboro. Di Kelurahan Sosromenduran, Kecamatan Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Outlet ini buka: 07.00 – 22.00 WIB.

Kuliner malam di Yogya memang cukup beragam dan siap memanjakan lidah Anda. Banyak pilihan yang ada di sekitar Jalan Malioboro. [KM/03]

LihatTutupKomentar