-->

Sleman Tuan Rumah STQ Tingkat DIY Tahun 2019


Kabare Minggir – Kabupaten Sleman menjadi tuan rumah Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat DIY yang secara resmi dibuka, Jumat (5/4) di Pendopo Parasamya Kabupaten Sleman. Pembukaan STQ dilakukan dengan pemukulan beduk oleh Sekda DIY, Ir. Gatot Saptadi mewakili Gubernur DIY.

Bupati Sleman sambut STQ
Bupati Sleman H. Sri Purnomo, memberikan sambutan

STQ merupakan tahapan untuk menyeleksi peserta sebelum dikirimkan ke tingkat Nasional. Untuk tahun 2019, STQ Nasional rencna akan digelar di Pontianak Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Bupati Sleman, Sri Purnomo mengharapkan melalui STQ para peserta tidak hanya bertanding memperebutkan kejuaraan tetapi bisa mewujudkan Alquran dalam kehidupan keseharian. Bupati juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama membangun generasi bangsa. “Kami mengajak para ulama, pendidik dan pemimpin umat untuk terus bangkit, dan secara bersama-sama dengan mencermati tantangan secara global,” terang Sri Purnomo.


Pelaksanaan STQ tahun ini berlangsung 4-6 April 2019 di Sleman. Satu di antara perbedaan dengan pelaksanaan sebelumnya ialah penambahan kafilah, yakni terdapat kafilah dari LPTQ DIY. Sehingga total menjadi enam kafilah.

Terdapat delapan cabang yang diperlombakan dalam STQ tahun ini. Sedangkan cabang Musabaqah Hadits belum bisa dipertandingkan karena kurangnya sumber daya pendukung.
STQ tingkat DIY ke XXV tahun 2019 melombakan delapan cabang lomba yakni Tilawah Dewasa Putra dan Putri, Tilawah Anak-anak Putra dan Putri, Tahfidz 1 Juz dan Tilawah Putra dan Putri, Tahfidz 5 Juz dan Tilawah Putra dan Putri, Tahfidz 10 Juz Putra dan Putri, Tahfidz 20 Juz Putra dan Putri, Tahfidz 30 Juz Putra dan Putri dan Tafsir Bahasa Arab Putra-Putri. [KM/03]

LihatTutupKomentar